Demi Cegah Korupsi, Pemerintah Negara Ini Larang PNS dan Anggota Komunis Pesta Ulang Tahun

Riki Ariyanto
Jumat, 14 Mei 2021 | 23:05 WIB
Demi Cegah Korupsi, Pemerintah Negara Ini Larang PNS dan Anggota Komunis Pesta Ulang Tahun (foto/int) R24/riki Demi Cegah Korupsi, Pemerintah Negara Ini Larang PNS dan Anggota Komunis Pesta Ulang Tahun (foto/int)

RIAU24.COM - Pemerintahan China menyerukan gerakan penghematan, termasuk giat anti korupsi. Pemerintah Funing di Provinsi Yunan, Barat Daya China langsung menyambutnya dengan larangan perayaan pesta ulang tahun dan perayaan lainnya.

Dilansir dari Okezone, otoritas Funing juga melarang pemberian hadiah uang tunai lebih dari 200 yuan atau sekitar Rp443 ribu. Hanya saja larangan itu cuma berlaku pada anggota partai komunis, pegawai negeri dan pimpinan organisasi desa, bukan untuk sebagian besar penduduk.

 

Memberikan hadiah berupa uang tunai di pesta merupakan kebiasaan tradisional masyarakat China. Namun, tradisi itu kerap melenceng menjadi suap untuk pembuat pesta yang memiliki pengaruh di publik.

Baca juga: Kerap Berusaha Untuk Tidak Memusuhi Mitra Dagangnya, Kini Israel Kecam Perlakuan China ke Muslim Uighur

Sebenarnya bukan kali ini saja Partai Komunis China yang menguasai pemerintahan membuat aturan ketat untuk para anggotanya. Sejak tahun 2015, mereka menerbitkan larangan makan dan minum berlebihan, bergabung dengan klub golf atau memasuki klub swasta.

 

Semua larangan itu diklaim sebagai bagian dari gerakan antikorupsi. Tetapi, China secara umum selama bertahun-tahun terakhir telah meminta warganya mengadakan pernikahan yang lebih sederhana dan moderat.

 

Mereka mengutuk "kehidupan glamor dan pemborosan".

Baca juga: Ajaib, 2 Bayi Mampu Selamat Dari Kecelakaan Mengerikan Setelah Ambulans yang Ditumpangi Menabrak Sebuah Mobil

Menurut larangan baru yang dikeluarkan pekan lalu lalu, perayaan ulang tahun, promosi pekerjaan, atau pindah rumah, tidak boleh digelar mulai bulan Mei ini.


Informasi Anda Genggam


Loading...