Pasukan Militer China Menemukan Bagian Kapal KRI Nanggala-402 Dekat Kawah Misterius

Rizka
Selasa, 18 Mei 2021 | 13:21 WIB
Google R24/riz Google

RIAU24.COM -  Bagian badan tekan atau pressure hull yang diduga menjadi tempat peristirahatan terakhir para awak kapal ditemukan.

Pasukan militer China yang dikerahkan untuk membantu operasi penyelamatan kapal selam KRI Nanggala-402 menemukan kawah dengan kedalaman 10-15 meter di dekat lokasi kapal yang tenggelam.

Panglima Komando Armada II (Pangkormada II) Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto memperkirakan bahwa kawah tersebut merupakan lokasi tenggelamnya badan tekan (pressure hull).

Baca juga: Denny Sumargo Tanya Dirinya Suka Cowok Badan Sixpack atau Enggak, Berliana Lovel Malah Jawab Begini

"Lokasi badan tekan secara pasti belum bisa digambarkan. Kami hanya memperkirakan saja saat ini, mungkin khususnya ada di kawah tersebut," kata Iwan dalam konferensi pers dilansir dari CNNIndonesia, Selasa (18/5).

Sebelumnya, bagian haluan (bow), anjungan (sail), dan buritan (stern) kapal selam ditemukan.

Beberapa kapal China yang dikerahkan untuk membantu proses evakuasi ialah: PRC Navy Ship Ocean Tug Nantuo 195, PRC Navy Ocean Salvage & Rescue Yong Xing Dao 863, serta kapal Penelitian Tan Suo 2 akademi ilmu pengetahuan China.

Dalam penggambaran yang dijabarkan disebutkan bahwa kawah tersebut berdiameter kurang lebih 38 meter dengan kedalaman 10-15 meter.

Namun demikian, kata dia, hingga saat ini isi kawah tersebut masih misterius.

Baca juga: Kejati Riau Tahan Mantan Bupati Kuansing Mursini di Rutan Sialang Bungkuk

"Sampai sekarang belum tahu apa yang sebenarnya di sana. Dive Operation kelima, tetap fokus pada area di dalam kawah," ucapnya lagi.

Area pencarian pun tengah diperluas menggunakan teknologi side scan sonar. Kontur dalam laut tempat kapal tenggelam merupakan lumpur.


Informasi Anda Genggam


Loading...