Sering Dianggap Sombong, Kenali Ciri-ciri Individu Introvert

Amerita
Rabu, 19 Mei 2021 | 12:28 WIB
Foto : World of Buzz R24/ame Foto : World of Buzz

RIAU24.COM - INTROVERT merupakan ciri pribadi seseorang yang mawas diri atau lebih suka menyimpan sesuatu untuk dirinya sendiri.

Introvert dan ekstrovert sering dipandang sebagai dua kutub yang berbeda tetapi nyatanya tidak ada yang benar-benar memiliki salah satu dari kepribadian tersebut.

Diperkirakan 25 sampai 40 persen penduduk dunia memiliki ciri-ciri introvert namun masih banyak orang yang belum menyadari atau memahami kepribadian tersebut.

Baca juga: Tampak Biasa, Mengapa Iridium Lebih Mahal daripada Emas?



Biasanya orang yang pemalu atau tidak pandai bersosialisasi sering dicap sebagai orang yang introvert.

Dalam psikologi, karakteristik seorang introvert ini adalah dimana seseorang lebih fokus pada diri sendiri dalam masalah pikiran, perasaan, daripada berbagi dengan dunia luar.

Mereka lebih cenderung untuk tetap diam daripada berbagi apa yang mereka rasakan dengan orang lain. Berikut beberapa tanda individu dengan kepribadian introvert.

1. Merasa 'lelah' di tengah keramaian

Individu introvert biasanya lebih cenderung merasa lelah saat berada di arisan apalagi saat berada di tempat yang tidak ada orang yang mereka kenal.

2. Lebih suka menyendiri

Sebagai seorang introvert, mereka lebih suka menghabiskan waktu sendirian dan melakukan hal-hal yang mereka sukai untuk meningkatkan mood mereka.

3. Hanya punya sekelompok kecil teman
Namun bukan berarti mereka tidak menyukai kehadiran orang lain tetapi biasanya mereka akan menemukan ketenangan pikiran sendiri setelah berada dalam kelompok yang ramai.
Kelompok ini dianggap tidak menyukai teman, tetapi pada kenyataannya mereka lebih suka membatasi kelompok teman dalam jumlah kecil.

Baca juga: Butuh Camilan Santai Saat di Rumah? Coba Perkedel Jagung Manado



4. Dianggap pendiam dan sulit didekati

Orang-orang ini biasanya dianggap pendiam dan sulit untuk didekati namun nyatanya mereka tidak suka membuang tenaga dengan membicarakan hal-hal yang tidak penting.

5. Senang mengamati

Introvert lebih suka belajar melalui proses observasi dengan melihat tugas dilakukan dan menirunya seperti itu.


Informasi Anda Genggam


Loading...