Ai-Da, Robot Android Pertama yang Berhasil Melukis Potret Dirinya Sendiri

Amerita
Sabtu, 22 Mei 2021 | 10:29 WIB
Google R24/ame Google

RIAU24.COM -  Android robot bernama Ai-Da, berhasil melukis potret dirinya sendiri. Gambar itu dipamerkan di pameran seni baru di London.

Dilansir dari Live Science (21/5/2021), gambar yang tampak sangat akurat dan mirip itu membuat kita bertanya-tanya, apakah peran kecerdasan buatan dalam masyarakat manusia? Dan bagaimana bisa robot itu melukis sedangkan seni secara eksklusif adalah sifat manusia?

Baca juga: Tragis, Remaja 16 Tahun Tewas di Dekat Halte Bus di Yerusalem


Ai-Da asalah seniman Android yang didukung oleh teknologi algoritme komputer yang meniru kecerdasan manusia. Selain melukis, Ai-Da mampu memahat, memberi isyarat, berkedip dan berbicara.

Dilansir dari The Guardian, Ai-Da dirancang seperti wanita, ia juga memiliki suara wanita. Tim programmer yang merancang Ai-Da di Universitas Oxford dan Universitas Leeds di Inggris menghabiskan dua tahun, mulai dari 2017 hingga 2019.

Ai-Da pernah membuat lukisan abstrak berdasarkan model matematika yang kompleks, bahkan pameran pertamanya menghasilkan lebih dari $ 1 juta dolar penjualan.

Baca juga: Pencopet di Sekitar Menara Eiffel Jadi Tantangan Berat Bagi Pihak Kepolisian Paris Sebelum Olimpiade 2024


Ai-Da menjadi robot pertama yang berhasil melukis potret dirinya sendiri. Tiga dari lukisan Ai-Da dipamerkan di Design Museum pada 18 Mei lalu dengan judul Ai-Da: Portrait of the Robot. Pameran ini gratis untuk umum dan akan terus berlangsung hingga 29 Agustus.


Informasi Anda Genggam


Loading...