Pertama di Dunia, Masjid Ikonik Asal Malaysia Ini Dikenal Sebagai Katedral St. Basil Moskow

Devi
Jumat, 28 Mei 2021 | 14:09 WIB
Foto : worldofbuzz R24/dev Foto : worldofbuzz

RIAU24.COM -  Masjid unik di Terengganu ini dikenal sebagai 'Masjid Rusia' di Malaysia dan inilah alasannya!

Masjid Lapan Kubah, yang terletak di Kampung Lapan Kotak, Jerteh, Terengganu, mungkin adalah salah satu masjid paling menarik yang bisa Anda temukan di Malaysia. Itu menonjol karena eksteriornya yang berwarna-warni dan arsitekturnya yang khas.

Baca juga: Cocok untuk Kudapan saat Imlek, Resep Nastar Taiwan Lembut



Dilansir dari Astro Awani, arsitektur dan warna Masjid Lapan Kubah (masjid dengan delapan kubah), terinspirasi dari Katedral St. Basil di Moskow. Oleh karena itu, secara lokal dikenal sebagai Masjid Rusia.

Masjid ikonik ini digagas oleh Datuk Seri Idris Jusoh, Anggota DPR Besut sekitar 9 tahun lalu. Dibangun dengan biaya RM4 juta melalui sumbangan publik untuk menggantikan masjid asli berusia seabad yang hancur berantakan.

Ketika akhirnya dibuka untuk jamaah pada tahun 2018 selama Idul Fitri, masjid unik ini menarik banyak umat Islam untuk beribadah di dalamnya, termasuk sesama jemaah dari negara bagian lain.

Baca juga: Tahukah Anda, Gurun Terpanas di Dunia Ini Telah Berubah Menjadi Negeri Ajaib Musim Dingin Setelah Menerima Hujan Salju yang Sangat Langka

Masjid itu mampu menampung lebih dari 500 peminat pada saat yang bersamaan.

Berdiri tegak di tengah sawah, masjid ini telah menjadi landmark ikonik desanya dan sangat cocok bagi pengunjung untuk mengabadikan foto menawan untuk dibagikan di feed sosial mereka. Ini jelas merupakan kesempatan besar bagi orang Malaysia untuk menjelajahi masjid seperti ini tanpa menempuh jarak ribuan mil.


Informasi Anda Genggam


Loading...