Catat, Inilah Lima Alasan Mengapa Diet Soda Tidak Baik Untuk Kesehatan

Devi
Sabtu, 29 Mei 2021 | 10:24 WIB
Foto : Mstar R24/dev Foto : Mstar

RIAU24.COM - Diet SODA adalah minuman ringan dengan pemanis buatan tanpa gula dan hampir tidak mengandung kalori. Minuman jenis ini diklaim dapat mengurangi asupan gula dan membantu menurunkan berat badan bagi mereka yang sedang menjalani masa diet.

Namun, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa asupan diet soda tidak mampu menurunkan berat badan bahkan membuat seseorang terancam bahaya.

1. Tidak ada nutrisi

Diet soda mengandung zat pewarna, perasa dan zat aditif lainnya dan umumnya tidak memiliki nilai gizi yang dibutuhkan tubuh.

2. Meningkatkan risiko obesitas

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa asupan diet soda dapat meningkatkan risiko obesitas dan sindroma metabolik.

3. Meningkatkan nafsu makan

Penelitian juga menemukan bahwa diet soda dapat meningkatkan nafsu makan karena merangsang hormon rasa lapar, mengubah reseptor rasa manis, dan memicu respons dopamin di otak.

Baca juga: Tahukah Kamu Jika Kurang Tidur Bisa Bikin Berat Badan Naik, Ini Penjelasannya

4. Meningkatkan risiko diabetes

Minuman ini juga dikaitkan dengan diabetes tipe dua. Sebuah studi terhadap 64.000 wanita menemukan itu meningkatkan risiko terkena diabetes hingga 21 persen.

5. Risiko penyakit jantung dan stroke

Soda makanan juga telah dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Sebuah studi yang dilakukan pada 220.000 koresponden menunjukkan hal itu meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung hingga sembilan persen.


Informasi Anda Genggam


Loading...