Punya Kemampuan Unik! Ini 5 Hewan yang Paling Sulit Mati

Rizka
Senin, 31 Mei 2021 | 09:02 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM - Di Bumi ini, spesies hewan sudah lebih dulu mengalami evolusi ketimbang manusia. Keberadaan mereka bahkan sudah ada sejak ratusan juta hingga miliaran tahun lalu. Itu sebabnya, mereka memiliki segala hal yang terbilang unik dan sangat berbeda dengan manusia, meskipun sama-sama digolongkan sebagai organisme biologis.

Sebagian kecil dari spesies hewan tersebut rupanya memiliki kemampuan unik, yakni sulit untuk mati. Ini 5 Hewan yang paling sulit mati.


1. Cacing pipih

Baca juga: Cara Membuat Sate Lilit Ayam Enak

Cacing pipih atau lanaria merupakan jenis hewan hermafroit atau berkelamin ganda. Spesies ini dapat dengan mudah menggandakan dirinya melalui potongan-potongan kecil tubuhnya. Hebatnya lagi, menurut studi, cacing pipih mampu mencegah penuaan alami dan mengatur pembelahan sel mereka untuk tujuan-tujuan tertentu.

2. Hydra

Meskipun terlihat kecil dan lemah, nyatanya statistik membuktikan bahwa tingkat kematian hydra jauh di bawah spesies hewan lainnya, ditulis dalam Australian Academy of Science.

Jika terdapat luka atau pembelahan sel yang tidak normal, tubuh induk hydra akan segera memperbarui kondisi tubuhnya. Dengan demikian, hydra sangat sulit untuk tua dan bahkan sulit untuk mati jika hanya dibiarkan begitu saja di alam liar.

3. Spons laut

Spons laut bahkan sanggup hidup selama 11 ribu tahun, dicatat dalam National Geographic. Selain itu, spons laut termasuk salah satu spesies hewan yang memang sulit untuk mati. Hal itu dikarenakan sistem pada tubuh spons yang sangat sederhana. Spesies yang masuk dalam golongan filum Porifera ini tidak memliki organ dalam layaknya hewan-hewan lainnya. Di dalam tubuhnya tidak ada saluran pencernaan, sistem saraf, otot, dan organ kompleks lainnya.

4. Bdelloid

Spesies semacam bdelloid merupakan salah satu spesies hewan yang menjadi konsumen utama dalam sebuah ekosistem. Itu berarti bdelloid sanggup memakan apa saja, termasuk bangkai hewa, tanaman dan bahkan bersifat kanibal jika terpaksa. Dengan kemampuan evolusinya yang luar biasa, tak mengherankan jika bdelloid termasuk spesies yang sulit mati dan sudah ada di alam sejak jutaan tahun lalu.

5. Tardigrada

Baca juga: Tahukah Anda, 11 Negara Ini Ternyata Pernah Berganti Nama Karena Berbagai Alasan

Tardigrada merupakan hewan air yang berukuran sangat kecil, yang biasanya hanya memiliki ukuran sebesar 1,5 mm pada saat mereka dewasa. Namun, dengan ukuran tubuhnya yang kecil dan tampak lemah, nyatanya tardigrada (dijuluki beruang air) mampu hidup dalam lingkungan yang sangat ekstrem. Hewan yang satu ini sanggup hidup dalam suhu beku, panas, kedap udara, dan bahkan sanggup hidup di luar angkasa selama beberapa hari tanpa oksigen.


Informasi Anda Genggam


Loading...