Warga Semakin Antusias Ikut Vaksin COVID-19, Walikota Pekanbaru Optimis Perekonomian Pulih Saat Pandemi

Riki Ariyanto
Senin, 31 Mei 2021 | 09:16 WIB
Warga Semakin Antusias Ikut Vaksin COVID-19, Walikota Pekanbaru Optimis Perekonomian Pulih Saat Pandemi (foto/int) R24/riki Warga Semakin Antusias Ikut Vaksin COVID-19, Walikota Pekanbaru Optimis Perekonomian Pulih Saat Pandemi (foto/int)

RIAU24.COM - Rahman masih takut. Saat dirinya diajak untuk menjadi satu di antara orang vaksinasi massal di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, ada keraguan muncul di hatinya. 

Rahman yang bekerja di PT Sarana Pembangunan Madani (SPM), BUMD Kota Pekanbaru itu masih mendengar simpang siur soal kabar vaksin COVID-19. Tetapi setelah memantapkan hati, Rahman ikut vaksinasi massal yang berlangsung di Hotel Furaya, Rabu (19 Mei 2021).

"Ternyata tidak seseram yang dibicarakan orang-orang. Dan dari tenaga kesehatan juga mengedukasi soal vaksin jadi tidak takut lagi. Sekarang jadi lebih sehat dan harapannya kebal dari COVID-19 dan tidak terjangkit apalagi menularkan virus corona," kata Rahman. 

Baca juga: Dihadiri Gubernur, Besok DPD Pemuda Tani HKTI Riau Akan Dilantik

Bekerja di BUMD Kota Pekanbaru tersebut membuat Rahman selalu berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. "Saya juga akan memberikan pengalaman disuntik vaksin kepada orang-orang awam lainnya. Semoga yang masih ragu-ragu jadi semakin yakin dan ikut vaksinasi. Karena memang untuk kebaikan diri kita juga," sebutnya. 

Hal serupa diucapkan Unik Susanti, seorang karyawan swasta yang sudah divaksin. Alasan Unik Susanti selain untuk kesehatan diri, sebab di rumah ada ibunya yang sudah berusia lanjut. Sehingga dirinya khawatir jika tak ikut vaksin dapat menularkan virus corona. 

"Alhamdulillah sejak vaksin, tubuh tidak mengalami gejala-gejala aneh. Malah merasa lebih sehat dan terpenting bisa melindungi diri dan orang lain juga," kata Unik. 

Memang Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru mendapat perhatian besar dari pemerintah pusat. Sebab tingkat penyebaran COVID-19 yang tinggi secara nasional. 

Baca juga: PHR-STP Riau akan Kembangkan Wisata Bahari Pulau Rupat

Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  datang langsung ke Kota Pekanbaru memantau vaksinasi massal sekaligus memberikan dukungan kepada pemerintah daerah untuk terus mencegah penyebaran COVID-19. Pemerintah bahkan sudah menambah 100 ribu dosis vaksin diberikan ke Kota Pekanbaru dan Kota Dumai. 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus bersama Satgas pencegahan COVID-19 membuka sejumlah titik vaksinasi massal. Bukan itu saja Pemko Pekanbaru juga menyediakan 5 bus vaksinasi keliling sudah diluncurkan pada 27 Mei 2021. 

"Bukan sekedar vaksinasi keliling, bus ini juga bagian dari sosialisasi kepada masyarakat di pelosok kecamatan. Bus beroperasi keluar masuk perumahan, sehingga warga tahu mengenai vaksin dan guna vaksin," kata Walikota Pekanbaru Firdaus, Sabtu (29 Mei 2021). 

Selain itu Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru juga menerapkan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah akses masuk. Termasuk juga satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru rutin razia protokol (prokes) di tempat hiburan malam dan pusat kerumunan. 

Semua itu kata Wali Kota Pekanbaru untuk menekan angka penyebaran COVID-19. Diharapkan setelah semua upaya dilakukan, masyarakat semakin sehat dan perekonomian kembali berjalan normal. 


Informasi Anda Genggam


Loading...