Barisan Kapal Selam Canggih Yang Memiliki Harga Selangit

Rizka
Senin, 31 Mei 2021 | 10:14 WIB
google R24/riz google
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Kapal selam merupakan salah satu alat utama sistem pertahanan yang sangat penting. Sejumlah negara rela merogoh kocek dalam jumlah yang fantastis untuk membangun atau membeli kapal selam.

Setiap kapal selam memiliki kemampuan yang berbeda-beda tergantung dari perusahaan yang membangunnya. Selain untuk perang, kapal selam milik militer digunakan untuk kepentingan patroli laut suatu negara.

Harga kapal selam bervarian, bahkan ada yang ditaksir hingga tembus triliunan. Kira-kira kapal selam milik negara mana ya?

Baca juga: Cara Menambah Tinggi Badan dan Faktor Penyebab Tubuh Sulit Tumbuh

1. Kelas Seawolf

SSN Seawolf Class ini merupakan kapal selam bertenaga nuklir. Kapa selam ini mampu menyelam hingga kedalaman 610 meter serta mampu bergerak cepat hingga 35 knot. Satu unit kapal selam jenis ini ditaksir seharga Rp US$5,5 miliar atau setara dengan Rp 79,6 triliun dan dilengkapi rudal Tomahawk dengan daya jangkau mencapai 2500.

2. Kelas Virginia

Satu unit kapal selam Virginia-Class terbaru dibanderol dengan harga sekitar US$2,5 miliar atau Rp 36,2 triliun. Kapal selam ini merupakan kapal selam yang memanfaatkan tenaga nuklir multimisi siluman. Kapal selam ini dilengkapi fasilitas 12 tabung peluncur rudal vertikal, empat tabung torpedo 533 mm, dan lainnya.

3. Kelas Chang Bogo

Kapal selam jenis ini memiliki panjang 61,3 m dan mampu bergerak sekitar 21 knot dengan daya jangkau 595 km dan mampu melakukan perjalanan misi lebih dari 50 hari. Harga satu unit kapal selam serang ini ditaksir mencapai Rp 330 juta dolar AS atau setara dengan Rp 4,79 triliun.

4. Kelas Yasen atau Graney

Kapal selam Yasen atau Graney menggunakan tenaga nuklir dengan panjang 111 m, lebar 12m, dan sudah dilengkapi rudal peluncuran 3M51 Alfa, dan masih banyak lagi yang lainnya. Harga satu unit kapal ini ditaksir seharga US$1,8 miliar atau setara dengan Rp 26 triliun.

Baca juga: Bagaimana Air Mata Tercipta dan Bisakah Kita Kehabisan?

5. Kelas Soryu

Kapal selam Kelas Soryu menggunakan tenaga diesel-listrik. Diluncrukan tahun 2007, kapal ini mempunyai panjang 84 m dan lebar 9,1 m, dengan daya tampung 65 awak. Kapal ini juga memiliki jangakauan maksimum 610 m dengan kecepatan 6,5 knot. Satu unit kapal selam ini ditaksir seharga US$496 juta atau setara dengan Rp 7,1 triliun.


Informasi Anda Genggam


Loading...