Nyamuk dan Lalat Ternyata Lebih Pintar dari yang Kita Kira

Amerita
Jumat, 04 Juni 2021 | 07:59 WIB
nyamuk lalat R24/ame nyamuk lalat
Bea Cukai

RIAU24.COM - Otak kecil nyamuk dan lalat buah memiliki sekitar 200.000 neuron dan sel lainnya.

Sebagai perbandingan, otak manusia memiliki 86 miliar neuron, dan otak hewan pengerat mengandung sekitar 12 miliar.

Baca juga: Cara Menambah Tinggi Badan dan Faktor Penyebab Tubuh Sulit Tumbuh

 
Para peneliti dengan cermat menghitung sel-sel otak pada lalat buah dan tiga spesies nyamuk, mengungkapkan jumlah yang akan mengejutkan banyak orang di luar dunia sains.

“Meskipun otak ini sederhana (berbeda dengan otak mamalia), mereka dapat melakukan banyak pemrosesan, bahkan lebih dari superkomputer,” kata Christopher Potter, profesor ilmu saraf di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins.

"Otak ini memungkinkan serangga untuk bernavigasi, menemukan makanan, dan melakukan tugas rumit lainnya pada saat yang sama, dan penelitian kami menawarkan satu jawaban untuk pertanyaan tentang berapa banyak sel otak yang berkumpul untuk melakukan perilaku ini," tambah Potter.

Baca juga: Bagaimana Air Mata Tercipta dan Bisakah Kita Kehabisan?

 
Mereka yang mempelajari perilaku serangga dan fungsi otak telah lama menduga serangga ini pasti memiliki ratusan ribu sel otak.

Para peneliti menyimpulkan bahwa jumlah total sel otak adalah 199.380 plus atau minus 3.400 untuk lalat buah Drosophila melanogaster

Untuk tiga spesies nyamuk, peneliti menemukan 217.910 plus atau minus 6.180 pada Aedes aegypti; 223.020 plus atau minus 4.650 di Anopheles coluzzii; dan 225.911 plus atau minus 7.220 di Culex quinquefasciatus.

Raji dan Potter menemukan bahwa sel-sel otak pada setiap spesies sebagian besar mengandung neuron sekitar 90%. Sisanya kemungkinan besar adalah sel pendukung lainnya.


Johns Hopkins
Informasi Anda Genggam


Loading...