Bupati Minta Seluruh ASN dan Pegawai Honorer Pakai Batik Kuansing, Pemberlakuan Menunggu Perbup

Replizar
Senin, 14 Juni 2021 | 11:49 WIB
Bupati Minta Seluruh ASN dan Pegawai Honorer Pakai Batik Kuansing, Pemberlakuan Menunggu Perbup (foto/zar) R24/zar Bupati Minta Seluruh ASN dan Pegawai Honorer Pakai Batik Kuansing, Pemberlakuan Menunggu Perbup (foto/zar)

RIAU24.COM - KUANSING - Bupati Kuantan Singingi Andi Putra SH MH akan segera memberlakukan pemakaian Batik Kuansing, khusus untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai honorer. 

" Kita harus mencintai produk lokal, dengan begitu tentu akan berimplikasi pada pengembangan ekonomi kerakyatan. Apalagi di tengah masa pandemi saat ini, geliat ekonomi dan produk lokal mesti di tingkatkan," Ungkap Bupati Kuansing Andi Putra saat bincang bincang dengan wartawan di sela sela kunjungannya, Jumat (12/6).

 

Dikatakannya, Pengunaan batik Kuansing di kalangan ASN pada hari tertentu, merupakan sarana untuk ikut mempromosikan produk lokal di Kuansing. " Kita akan susun Perbupnya, sebagai dasar untuk penerapannya nanti," Ujar Mantan Ketua DPRD Kuansing Dua periode tersebut.

Baca juga: SatRes Narkoba Polres Kuansing Ungkap Kasus TP Narkoba Jenis Sabu

Menurutnya, Untuk tahap awal, hendaknya pimpinan OPD sudah memakai batik Kuansing, khususnya pada hari Jumat," Ujarnya lagi.

Dirinya juga menyebutkan yang menjadi kendala saat ini, adalah Produksi rumah batik yang ada belum optimal, sehingga harga pun masih relatif tinggi. Oleh karena itu, saya berharap OPD yang terkait, bisa mencarikan simulasi dan pembinaan kepada pengusaha batik Kuansing, agar produksi lebih meningkat dan harganya terjangkau," tegasnya.

Terkait rencana Bupati tersebut, ternyata mendapat sambutan dari masyarakat, yang menyambut antusias dan bangga akan komitmen dan kepedulian dari Bupati Andi Putra. 

Baca juga: Gerak Cepat Polsek Singingi, Kurang Dari 24 Jam Pelaku Pembuang Bayi Telah Diketahui

Berdasarkan pantauan pasca di Lantik sebagai Bupati, Andi Putra terus mengenakan batik Kuansing dengan berbagai corak yang menarik, terutama tiap hari Jumat. " Bupati terlihat elegan, dengan tampilan baju batik Kuansing yang dikenakan nya," Ujar salah seorang warga Kuansing, Hevi.

 

" Untuk diketahui, saat ini Sentra batik Kuansing, terdapat di Kecamatan Gunung Toar, Singingi dan Pangean, yang menampilkan motif Kuansing seperti Pacu Jalur, Pendayung, Perahu Baghanduang, Rarak Calempong, Dll,"Tuturnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...