Selamat dari Tenggelamnya Kapal Titanic, Pria Ini Malah Dikecam Publik, Pemerintah, dan Pers

Amerita
Selasa, 22 Juni 2021 | 09:19 WIB
Hosono Masabumi R24/ame Hosono Masabumi
<p>RIAU24.COM - Hosono Masabumi adalah seorang PNS asal Jepang. Hosono merupakan satu-satunya penumpang berkebangsaan Jepang di kapal Titanic.

Hosono selamat dari tenggelamnya kapal Titanic pada 15 April 1912 silam. Alih-alih diberi selamat, Hosono malah dikucilkan oleh publik, pers, bahkan pemerintah Jepang.

Baca juga: Cara Membuat Tempura Cumi Praktis dan Enak

 
Alasannya adalah karena keputusannya untuk menyelamatkan dirinya sendiri daripada hanyut bersama kapal dan ribuan jiwa lainnya yang tewas.

Pada tahun 1910, Hosono yang bekerja untuk Kementerian Transportasi dikirim ke Rusia untuk meneliti sistem kereta api negara Rusia. Dalam perjalanannya kembali ke Jepang, Hosono pertama-tama melewati London, kemudian ke Southampton di mana ia menaiki Titanic pada 10 April 1912 sebagai penumpang kelas dua.

Sesampainya di Tokyo, ia diwawancarai oleh sejumlah majalah dan surat kabar. Hosono segera mendapati dirinya menjadi sasaran kecaman publik. Dia dikutuk secara terbuka di Amerika Serikat.

Baca juga: Resep Sate Goreng Ayam Enak

 
Hosono disebut menjadi penumpang gelap di sekoci oleh Archibald Gracie, yang menulis laporan terlaris tentang bencana tersebut.

Sementara pelaut yang bertanggung jawab atas kapal, Able Seaman Edward Buley, mengatakan kepada penyelidikan Senat AS bahwa Hosono dan pria lainnya menyamar sebagai wanita untuk menyelinap naik ke sekoci.

Dia kehilangan pekerjaannya dan dikutuk sebagai pengecut oleh pers Jepang. Artikel tahun 1997 mengklaim bahwa buku pelajaran sekolah di Jepang bahkan menggambarkan dia sebagai contoh orang yang tidak terhormat dan tak bermoral.


Informasi Anda Genggam


Loading...