Sering Disepelekan, 7 Gejala Leukemia Ini Harus Kamu Kenali dan Waspadai

Rizka
Kamis, 24 Juni 2021 | 08:54 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM -  Leukemia atau kanker darah merupakan penyakit berbahaya yang menyebabkan penderitanya memproduksi sel darah berlebihan. Kanker ini termasuk berbahaya jika sudah mencapai stadium akut. Pasalnya setiap tahunnya ada kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit leukemia.

Maka sebaiknya kamu harus mengetahui gejala kanker ini sedari dini. Segera periksakan dirimu ke dokter jika kamu mengalami 7 gejala leukemia berikut ini.

1. Daya tahan tubuh melemah

Sel darah putih sangat penting bagi daya tahan tubuh, sebab salah satu fungsinya adalah menghalau virus penyebab infeksi dan racun-racun yang berbahaya bagi tubuh. Sel darah putih yang dihasilkan merupakan sel abnormal yang tidak sehat. Akibatnya, sel darah putih abnormal tersebut justru akan melemahkan pertahanan atau kekebalan tubuh dan membuat kamu lebih rentan terhadap infeksi.

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Diteliti Menunjukkan Kemungkinan Mati Muda

2. Adanya pembengkakan kelenjer getah bening

Tanda-tanda leukemia bisa dilihat dari tampilan fisik seperti adanya pembengkakan pada leher, ketiak atau paha. Pembengkakan tersebut berasal dari kelenjer getah bening karena penyakit leukemia telah menyebear ke kelenjer getah bening.

3. Adanya gangguan pembekuan darah

Pada penyakit leukemia, trombosit yang merupakan sel-sel darah merah akan sangat sedikit dihasilkan oleh tubuh. Hal ini dikarenakan sumsum tulang belakang hanya berfokus pada produksi sel darah putih yang abnormal. Sehingga sel darah lainnya mengalami penurunan produksi. Akibatnya akan muncul bintik-bintik merah kehitaman di bawah kulit dan menyebabkan tubuh mudah memar dan mudah mengalami pendarah.

4. Terjadinya pembesaran hati atau limpa

Sel-sel darah putih abnormal yang tersebar dan menumpuk di dalam hati atau limpa dapat menyebabkan hamilnya nafsu makan karena adanya pembengkakan. Parahnya, pembengkakan ini dapat diraba langsung dengan tangan pada perut bagian atas sampai perut bagian bawah.

5. Kerap mengalami anemia

Penurunan produksi sel darah merah akibat produksi besar-besaran pada sel darah putih abnormal dapat menyebabkan seseorang mengalami anemia dalam waktu yang cukup sering. Gejala anemia yang umum seperti kelemahan, kelesuan, sesak napas, dan pusing ternyata merupakan gejala yang serupa saat kamu mengalami leukemia.

6. Kulit terlihat pucat

Baca juga: Ketika Para TikTokers Nekat Makan Madu Beku, Ini Kata Ahli Tentang Efeknya Pada Kesehatan

Saat kamu mengalami komplikasi antara anemia dan leukemia kulit akan menjadi sangat pucat akibat sel darah merah yang sangat sedikit diproduksi. Selain itu, tangan juga menjadi dingin sepanjang hari.

7. Berkeringat pada malam hari

Gejala umum terakhir yang biasa ditemukan pada seseorang yang mengidap leukemia adalah munculnya keringat di malam hari, serta pegal dan nyeri yang terjadi pada persendian. Jika sudah dalam fase ini, sebaiknya segera periksakan dirimu ke dokter untuk melakukan tes darah.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...