BNN Riau Apresiasi Dukungan PTPN V Berantas Narkoba

Devi
Jumat, 02 Juli 2021 | 11:30 WIB
Foto : Internet R24/dev Foto : Internet

RIAU24.COM - Badan Narkotika Nasional Provinsi Riau mengapresiasi langkah PT Perkebunan Nusantara V yang terlibat aktif mendukung rangkaian pelaksanaan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021 di Bumi Lancang Kuning, Riau.

Puncak peringatan HANI 2021 yang langsung dibuka oleh Wakil Presiden, KH Maaruf Amin secara virtual pada Senin, (28/6/2021), membawa semangat baru bagi aparat penegak hukum, terutama dalam pemberantasan narkoba di Provinsi Riau.

"Tanpa adanya sinergitas, maka perang melawan narkoba akan sulit untuk dimenangkan. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada PTPN V yang telah banyak berkontribusi untuk membantu pelaksanaan P4GN (pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba) hingga kegiatan puncak HANI hari ini," kata Koordinator Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Riau, Dina Fitriana Lubis, di Pekanbaru, Selasa.

Riau merupakan salah satu provinsi yang cukup rawan akan penyelundupan dan peredaran gelap narkotika. Garis pantai yang memanjang hingga 370 mil serta puluhan hingga ratusan pelabuhan tikus membuat wilayah tersebut menjadi daerah dengan kategori resiko tinggi penyelundupan barang haram tersebut.

Berbagai upaya untuk memerangi peredaran gelap terus dilaksanakan. Namun, pasti sulit untuk dimenangkan jika hanya mengandalkan kekuatan petugas keamanan. Sehingga, Dina mengatakan melalui momen peringatan HANI 2021 diharapkan menjadi tonggak awal keterlibatan seluruh elemen masyarakat, termasuk PTPN V untuk berperan aktif melawan narkoba.

"Harapan kami ke depan elemen masyarakat turut turun tangan. Selama ini kan stop narkoba (lalu) diam, duduk di tempat. Kita harus bangkit untuk perang melawan narkoba. Seluruh elemen masyarakat hendaknya turut terlibat karena menyangkut masa depan Riau sendiri," ujarnya.

Peringatan HANI 2021 di Riau, kata Dina, telah berlangsung sejak satu setengah bulan lalu. Terdapat sejumlah agenda besar telah dilakukan selama menuju peringatan HANI 2021. Diawali dengan dilaksanakannya beragam turnamen olahraga dan beragam kegiatan sosial lainnya.

Dina berharap, dengan melaksanakan kegiatan olahraga yang jamak dilakukan oleh masyarakat, seperti tennis meja, dapat kembali lebih memasyarakatkan olahraga dan gaya hidup sehat kepada warga agar terhindar dari jerat bahaya narkoba. Selain itu, gaung HANI 2021 di Riau juga turut menyasar beragam kegiatan sosial lainya seperti donor darah, berbagi ke masyarakat yang membutuhkan, hingga sinergi dengan KONI mengirim atlet ke pusat rehabilitasi nasional, Lido, Bogor, Jawa Barat.

"Ke depan kami berharap kerjasama dengan PTPN V dalam upaya memberantas narkoba dapat terus ditingkatkan. Mari bersama bergandengan tangan untuk mewujudkan Indonesia Bersih Narkoba," ajaknya.

Sementara itu, Senior Executive Vice President Operation PTPN V, Ospin Sembiring mengatakan bahwa perusahaan akan terus mendukung gerakan BNN Riau dan aparat hukum lainnya dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

"Banyak program yang telah dilaksanakan bersama-sama BNNP Riau, baik bagi eksternal maupun internal Perusahaan. Terlebih lagi bagi karyawan, kita pastikan memberikan tindakan paling tegas jika ada yang melakukan pelanggaran. PTPN V akan berjalan beriringan dengan BNN Riau untuk bersama wujudkan Indonesia Bersih Narkoba," tegas Ospin.

PTPN V sendiri telah menjalin sinergi dengan lembaga pencegah dan pemberantas narkotika tersebut melalui serangkaian aksi bersama. Sebelumnya perusahaan perkebunan negara di Riau tersebut turut terlibat dalam pencegahan narkotika di Kampung Dalam Pekanbaru dan sejumlah aksi bersama lainnya sukses dilakukan bersama. ***


Informasi Anda Genggam


Loading...