Demo Pencopotan Presiden Jair Bolsonaro Penuhi Jalanan: Brasil Tak Tahan dengan Bolsonaro

Amerita
Minggu, 04 Juli 2021 | 11:13 WIB
Foto oleh Anre Coelho / EPA-EFE, UPI News R24/ame Foto oleh Anre Coelho / EPA-EFE, UPI News

RIAU24.COM - Brasil - Para pengunjuk rasa menuntut pemakzulan Presiden Brasil, Jair Bolsonaro atas dugaan korupsi vaksin COVID-19, Sabtu (3/7).

Kerumunan demonstran berkumpul di jalanan kota-kota Brasil, termasuk di Rio De Janeiro.

Baca juga: Senjata yang disita berubah menjadi taman bermain anak-anak di Peru


"Saya di sini karena kita benar-benar harus mengeluarkan monster ini dari kekuasaan dan merebut kembali Brasil," kata Magda Souza, seorang demonstran kepada The Guardian.

Jaksa agung memerintahkan penyelidikan atas peran Bolsonaro dalam skandal korupsi vaksin. Dia dituding mengabaikan penyimpangan dalam kesepakatan vaksin, Jumat (2/7).

"Setiap kejahatan yang dilakukan oleh presiden adalah serius, tetapi yang ini bahkan lebih serius karena melibatkan nyawa. Brasil tidak tahan satu tahun lagi dengan Bolsonaro," kata anggota kongres Sao Paulo, Joice Hasselmann kepada The New York Times.

Baca juga: Kasihan, Kucing Malang Ini Berulang Kali Dilempar ke Trotoar Sebelum Dimasukkan ke Dalam Plastik


Skandal vaksin dimulai pada Juni ketika anggota komisi Kongres curiga tentang persyaratan kesepakatan $316 juta yang dibuat pemerintah untuk membeli 20 juta dosis Covaxin.

Kesepakatan itu dibuat dengan tergesa-gesa, meskipun Covaxin belum menyelesaikan uji klinis atau disahkan oleh regulator kesehatan Brasil.


Informasi Anda Genggam


Loading...