Demi Perguruan Tinggi Luar Negeri, Gubernur Sumbar Bakal Lakukan Ini Pada Siswa Kelas 3 SMA

Azhar
Senin, 05 Juli 2021 | 04:38 WIB
Ilustrasi siswi SMA. Foto: Internet R24/azhar Ilustrasi siswi SMA. Foto: Internet

RIAU24.COM -  Agar siswa-siswa lulusan SMA sederajat mampu menembus perguruan tinggi ternama dalam dan luar negeri, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi akan mewacanakan cara baru.

Aksi itu menurutnya akan berlaku untuk seluruh siswa kelas 3 SMA se-Sumatera Barat dikutip dari republika.co.id, Senin, 5 Juli 2021.

Trobosan itu adalah mengasramakan seluruh siswa kelas 3 SMA se-Sumatera Barat.

"Setahun terakhir itu anak-anak ini benar-benar digembleng. Tujuannya masuk perguruan tinggi ternama dalam dan luar negeri sehingga nanti generasi masa depan Sumbar benar-benar berkualitas," ujarnya.

Baca juga: Usai Demo Tolak Pemecatan 57 Pegawai KPK, Sejumlah Mahasiswa Alami Teror Daring dan Aplikasi Percakapan Diretas

Aksi tak biasa ini muncul karena menurutnya mempersiapkan masa depan generasi muda tidak bisa hanya menjalankan sistem yang sudah ada.

Namun harus benar-benar disiapkan dan direkayasa salah satunya dengan pendidikan di asrama.

"Kalau ada sekolah yang areanya cukup luas, bisa segera direncanakan untuk pembangunan asrama ini," ujarnya.

Berbeda untuk SMK yang orientasinya adalah dunia kerja, perlu dilakukan penyesuaian-penyesuaian untuk meningkatkan kapasitas lulusan sehingga benar-benar bisa diserap oleh dunia kerja.

Baca juga: Tante Ernie: Doyan Makan Cita-cita Kurus, Netizen Balas Begini

"Kalaupun tidak bisa masuk lewat kurikulum pokok, kita masuk lewat muatan lokal atau program-program lain yang memungkinkan," ujarnya.

"Bahkan kalau memungkinkan untuk siswa SMK yang benar-benar memiliki kemampuan, saat lulus diberikan insentif berupa modal kerja. Coba dijajaki bagaimana caranya," ujarnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...