Pilkampung Serentak Kabupaten Siak Digelar Oktober 2021

Lina
Senin, 05 Juli 2021 | 22:11 WIB
Pilkampung Serentak Kabupaten Siak Digelar Oktober 2021 (foto/lin) R24/lin Pilkampung Serentak Kabupaten Siak Digelar Oktober 2021 (foto/lin)
Bea Cukai

RIAU24.COM - SIAK- Kabupaten Siak bersiap menggelar pemilihan penghulu serentak tahun 2021 di 122 Desa/Kampung. Guna mematangkan persiapan gelaran pemilihan Penghulu Serentak tersebut, Bupati Alfedri bersama Forkopimda Gelar Rapat Persiapan Sekaligus Pembahasan Mekanisme Pemantauan Pelaksanaan Pilkampung serentak tersebut , di Ruang Bandar, Lt.II Kantor Bupati Siak.

Menurut Alfedri, dasar pelaksanaan pemilihan Penghulu Serentak ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Peraturan Pemerintah No 47 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah No 43 tentang Pelaksanaan Undang -Undang No 6 Tahun 2014, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri No 112 tentang Pemilihan Kepala Desa.

"Serta Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendagri 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa. Kemudian, Surat Edaran Mendagri Nomor 141/6698/sj tentang Jumlah Pemilih di Tempat Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa Serentak Di Era Pandemi Covid-19", sebut Alfedri.

Baca juga: Bupati Alfedri Pimpin Rakor Sambut Hari Raya Idul Adha 1443 H dan Pelaksanaan Qurban

Alfedri menekankan penerapan protokol kesehatan dapat benar-benar di terapkan dalam gelaran Pilkampung yang akan dilaksanakan bulan Oktober 2021.

 

"Sesuai dengan Surat Edaran Mendagri tersebut, penerapan protokol kesehatan harus benar-benar kita terapkan secara ketat pada Pemilihan Kepala Kampung serentak yang insyaallah akan kita laksanakan pada 20 Oktober 2021 mendatang", jelasnya.

 

Alfedri juga memberikan arahan kepada Panitia Pemilihan Kepala Kampung tingkat Kecamatan, untuk segera melaksanakan rapat penguatan koordinasi bersama Forkopimcam, Melaksanakan sosialisasi tahapan-tahapan pemilihan, Menegakkan protokol kesehatan disetiap tahapan dan antisipasi gangguan keamanan, serta pemetaan dan pencegahan kemungkinan terjadinya konflik.

Baca juga: Bupati Alfedri Minta Pramuka Bantu Atasi Stunting

"Saya juga berharap pak Camat bersama Forkopimcam segera melaksanakan simulasi pengamanan dengan protokol kesehatan, dan segera membahas perencanaan pengamanan di titik rawan kerumunan pada saat pemilihan bukan hanya di TPS, namun seluruh lokasi yang kemungkinan menjadi tempat berkumpul masyarakat", tegasnya.

 

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Siak Azmi menegaskan, bahwa pihaknya mendukung penuh pelaksanaan Pilkampung serentak tingkat Kabupaten Siak yang akan dilaksanakan 20 Oktober 2021 tersebut.

 

"Kami sangat mendukung pelaksanaan Pilkampung serentak kita laksanakan 20 Oktober 2021 mendatang, tentu di tengah pandemi ini maka penerapan protokol kesehatan menjadi fokus utama kita agar gelaran Pilkampung tahun ini tidak menjadi klaster baru covid-19", pungkas Azmi.

 

Turut Hadir Wakil Bupati Siak Husni Merza, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman, Inspektur Daerah Kabupaten Siak Fally Wurendarasto, serta Unsur Pimpinan TNI Polri, Asisten Pemerintahan dan Kesra,Kepala Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, diikuti secara Virtual oleh Para Camat beserta Unsur Upika Kecamatan, dan Penghulu beserta Unsur Pimpinan Kampung.


Informasi Anda Genggam


Loading...