Sapi Milik Peternak Asal Bengkalis Terpilih Sebagai Sapi Qurban Presiden Jokowidodo Dengan Bobot 889 KG

Dahari
Senin, 12 Juli 2021 | 13:02 WIB
Sapi milik Peternak Asal Bengkalis dengan bobot 889 kg R24/hari Sapi milik Peternak Asal Bengkalis dengan bobot 889 kg

RIAU24.COM -BENGKALIS - Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso lepas Sapi jenis Limousin milik peternak Hasan Basri, Peternakan Sapi Ayuk Bersaudara Gg. Hj. Zainah Jalan Kelapapati Darat. Pelepasan itu, lantaran Kabupaten Bengkalis dipilih Presiden RI Joko Widodo sebagai sapi qurban untuk masyarakat Provinsi Riau.

Sapi yang sudah berumur enam tahun lebih itu, memiliki berat mencapai sekitar 889 kilogram. Disamping itu, sapi yang sudah diberikan label pemenang kontes sebagai sapi terbaik di Provinsi Riau sejak April 2021 lalu ini, akan diserahkan ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau dan dilanjutkan ke Gubernur Riau H. Syamsuar.

Baca juga: Selain Tukang Ojek Dan Becak, Pekerja Bangunan Juga Mendapat Sasaran Jumat Berbagi DPD II Partai Golkar

Wabup Bengkalis Bagus Santoso mengatakan dan berharap dengan terpilihnya sapi Limousin milik peternak Kabupaten Bengkalis menjadi langkah untuk pengembangan ternak khususnya sapi.

"Hari ini kita lepaskan sapi jenis limousin sebagai sapi qurban pak Presiden Jokowi. Mudah-mudahan, ini menjadi langkah untuk pengembangan ternak sapi di Pulau Bengkalis," ungkap Wabup Bengkalis Bagus Santoso kepada wartawan, Senin 12 Juli 2021.

Diutarakan Wabup, pulau Bengkalis memiliki potensi untuk peternakan dan hal itu sudah terbukti, contohnya untuk tahun 2021 ini menjadi salah satu sapi qurban yang dipilih oleh Presiden yang akan diserahkan kepada Gubri.

"Sapi asal Kabupaten Bengkalis yang terpilih. Ayo berternak sapi bersama karena sudah ada contoh dan buktinya, Bengkalis mempunyai potensi untuk menjadi peternak sapi yang handal," ucapnya.

Baca juga: Hanya Satu Kapal Roro Yang Melayani, Antrian Panjang Hingga Ke Jalan Poros

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Amri Noer mengatakan, bahwa terpilihnya sapi limousin milik peternak Kabupaten Bengkalis untuk qurban masyarakat Riau tersebut, sebelumnya telah didaftarkan untuk mengikuti proses seleksi secara ketat dengan bobot 800 Kg lebih.

"Sapi yang kita daftarkan ada tiga ekor, dan satu ekor dari kabupaten lain. Dan sapi lemousin Bengkalis terpilih sesuai dengan hasil seleksi oleh Balai Veteriner  Bukittinggi dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau,"ucap Amri Noer.

Dari hasil penimbangan bobot sapi limousin ini, kata Amri Noer, sekitar 889 Kg setelah mengikuti seleksi sejak April 2021 lalu dan diperiksa kesehatannya oleh Balai Veteriner Bukittinggi yang mewakili Kementerian Pertanian.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...