Usir Kapal Perang Amerika Semena-mena, Bukankah China Tak Punya Hak atas Kepulauan Parcel? Angkatan Laut AS Jawab dengan Bijak

Amerita
Senin, 12 Juli 2021 | 16:14 WIB
USS Benfold ilustration R24/ame USS Benfold ilustration

RIAU24.COM - Militer China mengusir sebuah kapal perang Amerika Serikat yang dinilainya masuk secara ilegal ke perairan China di dekat Kepulauan Paracel.

Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat mengatakan bahwa USS Benfold memasuki perairan Paracels tanpa persetujuan pemerintah China, melanggar kedaulatan China dan merusak stabilitas Laut China Selatan.

Baca juga: Miris, YouTuber Lydia Squid Gaming Dianggap Plagiat Nama Drama Squid Game


"Kami mendesak Amerika Serikat untuk segera menghentikan tindakan provokatif seperti itu," kata Komando Teater Selatan dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Al Jazeera, Senin (12/7).

Dalam sebuah pernyataan, Armada ke-7 Angkatan Laut Amerika Serikat mengatakan bahwa kapalnya menegaskan hak navigasi dan kebebasan di sekitar Kepulauan Paracel, konsisten dengan hukum internasional. 

Angkatan Laut AS juga menyangkal klaim China terkait masuk secara ilegal dan menekankan bahwa semua kapal memiliki hak lintasan yang tidak bersalah di bawah hukum internasional sebagaimana tercermin dalam Konvensi Hukum Laut dan meminta izin tidaklah diperlukan.

Baca juga: Masyarakat Ajukan BTS Bebas Wamil, Pejabat Militer: Perlu Tinjauan Cermat


"Operasi tersebut mencerminkan komitmen kami untuk menegakkan kebebasan navigasi dan penggunaan laut yang sah sebagai prinsip," bunyi pernyataan itu.

"Amerika Serikat akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun hukum internasional mengizinkan, seperti yang dilakukan USS Benfold di sini. Tidak ada RRC (Republik Rakyat China) mengatakan sebaliknya akan menghalangi kita.”

Paracel adalah pulau terumbu karang dan atol di Laut Cina Selatan yang kaya sumber daya alam. Pulau ini diperebutkan oleh Cina, Vietnam, Taiwan, Filipina, Malaysia dan Brunei. Beijing mengklaim hak bersejarah atas segala sesuatu di dalamnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...