Mantan Presiden AS Sebut Penarikan Pasukan dari Afghanistan adalah Kesalahan

Amerita
Kamis, 15 Juli 2021 | 08:56 WIB
George W. Bush R24/ame George W. Bush

RIAU24.COM - Mantan Presiden AS, George W. Bush mengatakan bahwa penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan merupakan sebuah kesalahan.

Dia menyoroti kekacauan yang akan dialami Afghanistan, terlebih perlakuan Taliban terhadap perempuan dan anak-anak Afghanistan.

Baca juga: Kasus Pembunuhan Paling Kejam dan Sadis di Dunia: Tewaskan Lebih dari 10 Wanita Sebelum Diperkosa dengan Cara Tak Wajar

 
“Saya khawatir wanita dan gadis Afghanistan akan menderita kerugian yang tak bisa disebutkan,” katanya, Rabu (14/7).

"Saya pikir itu, ya, karena saya pikir konsekuensinya akan sangat buruk, dan saya sedih."

Pada tahun pertamanya sebagai presiden, tepat setelah serangan 9/11, Bush melancarkan perang di Afghanistan untuk menggulingkan pemerintahan yang dijalankan Taliban.

Baca juga: Di Negara Ini Jika Ada Polisi yang Melanggar Aturan, Mereka Wajib Mengenakan Ban “Hello Kitty Pink” di Lengannya

 
Bagi Biden, penarikan itu adalah langkah yang benar. Menurutnya, keberadaan pasukan AS di sana tidak berarti Afghanistan menggantungkan masa depan bangsanya pada Amerika.

"Adalah hak dan tanggung jawab rakyat Afghanistan sendiri untuk memutuskan masa depan mereka dan bagaimana mereka ingin menjalankan negara mereka," kata Biden.


Informasi Anda Genggam


Loading...