Pria Indonesia Memesan Makanan Secara Online Dari Sebuah Restoran, Ternyata Makanan Ini yang Diterimanya

Devi
Senin, 19 Juli 2021 | 09:10 WIB
Foto : worldofbuzz R24/dev Foto : worldofbuzz

RIAU24.COM - Media sosial di Indonesia baru-baru ini dihebohkan oleh setelah seorang pria yang terkejutnya saat mengetahui bahwa nasi campur yang dia pesan secara online mengandung daging babi. Pria Muslim Indonesia itu telah memakan hampir setengah dari hidangan tersebut sebelum menyadari bahwa makanan tersebut tidak halal.

Pria itu kemudian merekam video yang mengkritik aplikasi pengiriman makanan dan restoran karena 'menyembunyikan' status non-Halal dari hidangan tersebut.

Ini terlepas dari fakta bahwa dia memesan dari restoran daging babi dan deskripsi untuk hidangan tersebut dengan jelas menyatakan bahwa itu mengandung daging babi.

Baca juga: Usai Demo Tolak Pemecatan 57 Pegawai KPK, Sejumlah Mahasiswa Alami Teror Daring dan Aplikasi Percakapan Diretas

Ia menulis lewat akun Twitter untuk 'memperingatkan' orang lain bahwa aplikasi pengiriman makanan mungkin tidak menunjukkan apakah hidangan itu Halal atau tidak. Videonya di platform media sosial sejak itu menjadi viral dengan lebih dari 8.000 Tweet kutipan dan disukai lebih dari 2.700. Namun, sebagian besar balasan Tweet itu adalah kritik yang ditujukan kepada pria itu karena tidak membaca deskripsi sebelum memesan.

Dalam video tersebut, pria tersebut terlihat memperlihatkan nasi campur atau nasi campur yang setengah dimakan sebelum berkata, “Astaghfirullahaladzim. Saya hanya makan setengah dari porsi makanan yang saya pesan. Kemudian ketika saya melihat-lihat restoran di internet, ternyata hidangan ini non-Halal… Saya baru saja makan daging babi!”

Pria itu kemudian mengklarifikasi bahwa dia memesan dua porsi nasi campur dari sebuah restoran bernama 'Nasi Campur Kencana 99' di Jawa Barat. Namun, pria itu tampaknya tidak menyadari fakta bahwa Nasi campur sebenarnya adalah hidangan nasi yang disajikan dengan daging babi di banyak bagian Indonesia, termasuk Jawa Barat, meskipun terjemahan langsungnya secara harfiah berarti nasi campur.

Dia lebih lanjut mengklarifikasi bahwa dia hanya berpikir untuk menemukan lebih banyak tentang restoran sambil makan hidangan. Saat itulah dia menyadari bahwa restoran itu mengkhususkan diri pada daging babi, dengan hidangan yang dia pesan terdiri dari nasi Hainan, lapciong (sosis babi) dan bakso goreng (bakso goreng).

Setelah cuitan tersebut menjadi viral, banyak netizen Indonesia yang mengkritik pria tersebut karena membuat keributan di luar isu.

Baca juga: Tante Ernie: Doyan Makan Cita-cita Kurus, Netizen Balas Begini

Salah satu tweet dengan lebih dari 2.500 suka membandingkan tindakan pria itu dengan contoh orang lain yang tidak membaca deskripsi sebelum membeli sesuatu.

Komentar itu berbunyi, “Memesan barang secara online tanpa membaca deskripsi terlebih dahulu lalu marah-marah saat barang sampai. Membeli barang elektronik tanpa membaca petunjuk manual terlebih dahulu dan saat barang sampai, tidak tahu cara menggunakannya. Membeli makanan secara online tanpa mengecek terlebih dahulu dan merasa tertipu saat makanan datang. Kenapa kamu tidak membaca dulu?”

Balasan lain untuk Tweet tersebut mengambil tangkapan layar profil restoran di dalam aplikasi pengiriman makanan dan menunjukkan betapa mudahnya mengetahui bahwa restoran tersebut non-Halal.

Faktanya, tangkapan layar dengan jelas menunjukkan bahwa restoran itu berspesialisasi dalam masakan Cina dan makanannya mengandung daging babi.

Balasan lain, kali ini dengan lebih dari 3.200 suka berbagi sentimen yang sama dan mengatakan bahwa jika pria itu tidak tahu apa arti nama samcan, lapciong, bakut, dan hidangan lainnya, dia harus mencari artinya terlebih dahulu sebelum membeli dan tidak hanya melakukannya. penelitian setelah makan.

Biarlah ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk melakukan penelitian sebelum melakukan sesuatu, bukan hanya meneliti setelahnya. Daripada menyalahkan orang lain, sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai konsumen untuk mengetahui apakah barang yang kita beli sesuai dengan kebutuhan kita atau tidak.


Informasi Anda Genggam


Loading...