Tercatat dalam Daftar Merah, Arab Saudi Evakuasi 200 Warga dari Indonesia Mulai Hari Ini

Rizka
Senin, 26 Juli 2021 | 11:53 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM -   Arab Saudi mengevakuasi 200 warganya dari Indonesia. Hal itu akan dilakukan mulai hari ini, Senin (26/7) hingga Minggu (1/8) mendatang.

Duta Besar Arab Saudi di Jakarta Essam Abed Al Thaqafi mengatakan, dua penerbangan repatriasi akan mengangkut 200 warga Saudi yang tinggal di Indonesia.

Dari jumlah itu, ada beberapa yang terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Pernah 17 Tahun Pacari Lin Chi Ling dan Ditinggal Nikah, Ini Potret Jerry Yang si Tao Ming Tse Berumur 44 Tahun

"Ada dua warga negara (Saudi) yang kondisinya kritis usai terpapar varian Covid-19," ujar Al Thaqafi, seperti dilaporkan Gulfnews, Minggu (25/7).

Evakuasi yang dilakukan Arab Saudi ini dilakukan setelah pekan lalu, negeri Raja Salman membuat pengumuman bagi warganya untuk segera meninggalkan RI. Ini bersamaan dengan aturan kerajaan yang melarang warga melakukan perjalanan ke Indonesia, langsung ataupun tidak langsung.

"Sumber resmi di Kementerian Dalam Negeri menyatakan bahwa berdasarkan kepedulian pemerintah kerajaan terhadap keselamatan warga yang ingin bepergian ke luar negeri, dan mengingat berlanjutnya wabah pandemi virus corona (Covid-19), penyebaran virus mutasi baru strain virus, dan situasi kesehatan di Republik Indonesia berikut telah diputuskan: mencegah warga bepergian langsung atau tidak langsung ke Indonesia sampai situasi di Indonesia stabil," tulis laporan Saudi Press Agency (SPA) dimuat Arab News.

Indonesia juga sudah tercatat dalam daftar merah Arab Saudi.

Arab Saudi sendiri telah melarang penerbangan asal RI sejak Februari 2021. Negeri kaya minyak itu ketat membendung kasus Covid-19, di antaranya dengan membatasi kuota haji 2021 menjadi 6.000 orang dari biasanya 2 hingga 2,5 juta manusia.

Baca juga: Orang Pintar di China Ini Sebut Australia Tak Berotak, Alasannya...

Kemarin, Indonesia mencatat 38.679 kasus baru dan 1.266 kematian. Angka ini membuat total kasus Covid-19 RI menjadi 3,1 juta dengan 83 ribu kematian.

Arab Saudi sendiri pada Minggu mencatat 1.194 kasus dengan 12 kematian. Total kasus di negeri itu sebanyak 518 ribu dengan 8.167 kematian.


Informasi Anda Genggam


Loading...