Tahukah Anda, Inilah 5 Kebiasaan Umum yang Sama Berbahayanya Dengan Merokok

Devi
Senin, 26 Juli 2021 | 12:12 WIB
Foto : India R24/dev Foto : India
<p>RIAU24.COM - India adalah rumah bagi lebih dari 12% perokok dunia. Tidak ada keraguan bahwa merokok itu berbahaya. Di India saja, 10 juta orang meninggal setiap tahun karena merokok. Merokok sebagai kebiasaan terlihat lebih umum pada anak muda akhir-akhir ini.

Kebiasaan ini kemudian menjadi sangat adiktif sehingga bagi sebagian orang bahkan dibawa ke ranjang kematian mereka. Tapi ada lebih banyak kebiasaan yang sama berbahayanya dengan merokok. Kita sering mengabaikan kebiasaan-kebiasaan ini, tetapi mereka berpotensi menyebabkan bahaya yang sama seperti merokok.

Baca juga: Pakar Memperingatkan Kasus Gizi Buruk yang Tidak Diketahui, Semakin Meningkat dan Mengkhawatirkan Pada Kaum Lansia

Neha Mittal, salah satu pendiri OneAbove Health Care, perusahaan yang menyediakan perangkat medis yang terjangkau namun berkualitas tinggi kepada orang-orang, membagikan 5 kebiasaan yang sama berbahayanya dengan merokok:

Kesepian : Penelitian telah membuktikan bahwa kesepian kronis dapat memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan. Dampaknya lebih signifikan pada kesehatan otak. Ada juga penelitian yang menunjukkan hubungan antara kesepian dan berkembangnya penyakit seperti demensia dan Alzheimer. Di India, hampir 22% lansia tinggal sendiri. Sementara, pada anak-anak, kesepian kronis diabaikan.

Pola makan yang buruk : Kita semua tahu bahwa makan sehat itu perlu, tetapi tidak banyak dari kita yang mempraktikkannya setiap hari. Banyak dari kita makan makanan olahan, junk food, dan makanan yang kaya garam dan gula. Bukan hanya itu, kita sering tidak memasukkan sayuran dan buah-buahan ke dalam makanan kita. Kebiasaan ini menjadi dasar dari banyak penyakit seperti obesitas, diabetes, dll. Di India, orang mengkonsumsi lebih banyak sereal dan kekurangan protein, buah-buahan, dan sayuran dalam jumlah yang cukup. Ada peningkatan status obesitas di antara pria dan wanita, terutama di daerah perkotaan.

Gaya hidup tidak aktif : Di dunia kontemporer, kita semua duduk berjam-jam di depan layar. Sebuah penelitian pada tahun 2014, oleh University of Regensburg di Jerman, menunjukkan bahwa setiap 2 jam seseorang duduk, ia meningkatkan kemungkinan kanker usus besar sebesar 8% dan kemungkinan kanker paru-paru sebesar 6%. Ini terlepas dari aktivitas fisik lainnya di siang hari.

Baca juga: Perusahaan Ini Ungkap Jika Vaksin Covid-19 Buatan Mereka Aman Untuk Anak-anak Berusia 5 Hingga 11 Tahun



Kurang tidur : Duduk berjam-jam sebelum layar juga membantu mengurangi tidur. Cahaya biru dari layar telah dikaitkan dengan masalah seperti mata tegang, penglihatan kabur, dan bahkan katarak. Hampir 33% orang dewasa di negara ini menderita insomnia dan masalah yang lebih besar adalah mereka menganggapnya normal.

Sikap pesimis : Kita semua pernah mendengar ungkapan yang tidak membiarkan sikap negatif merusak hidup Anda. Namun sikap negatif dan pesimisme kini menjadi masalah yang meluas. Pesimisme adalah ketika Anda berpikir bahwa segala sesuatunya akan salah atau tidak akan berjalan sesuai rencana Anda. Hal ini menyebabkan depresi dan stres yang tidak diinginkan.

Itulah 5 kebiasaan yang sama berbahayanya dengan merokok.

Jadi, tinggalkan sikap negatif itu, tidur nyenyak, lebih aktif dalam kehidupan sehari-hari, makan makanan seimbang dan bahagia. Anda akan melihat hasil positif dalam pikiran, tubuh dan jiwa Anda setelah Anda menyerah pada 5 kebiasaan ini.


Informasi Anda Genggam


Loading...