Menikmati Keindahan Kota Baku, Ibu Kota Negara Api Abadi yang Berada di Tepi Laut Kaspia

Devi
Rabu, 28 Juli 2021 | 10:49 WIB
Foto : Detik.com R24/dev Foto : Detik.com
<p>RIAU24.COM -  Pernah mendengar nama kota Baku?

Baku merupakan ibu kota negara api Azerbaijan. Azerbaijan merupakan sebuah negara dengan bentuk pemerintahan republik semi-presidensial yang terletak di jalur pegunungan Kaukasus atau tepatnya di persimpangan antara benua Eropa dan Asia Barat Daya. Azerbaijan berbatasan dengan Rusia dan Georgia di sebelah utara, Iran di sebelah selatan, Armenia di sebelah barat dan Laut Kaspia di sebelah timur.

Sebanyak 90 persen penduduk Azerbaijan adalah muslim dengan mayoritas Syiah dan sebagian kecil Sunni. Azerbaijan kini sedang bergeliat dan membuka diri beberapa tahun terakhir terutama untuk pariwisata usai mengalami konflik politik berdarah yang panjang. Negara ini terletak persis berhadapan dengan Danau Laut Kaspia.

Begitu menjejakkan kaki di Bandara Heydar Aliyev, Baku, hingga menyusuri jalan ke pusat kota Baku, yang terlihat adalah infrastruktur yang maju.  Bandara Heydar Aliyev pada Mei 2018, mendapatkan rating bintang 5 dari Skytrax, lembaga pemeringkat maskapai dan bandara.

Baca juga: Tampak Biasa, Mengapa Iridium Lebih Mahal daripada Emas?

Begitupun masuk ke jalan tolnya, mulus, lebar, tak ada macet. Di samping-samping jalan tol, ada taman-taman yang tertata cantik. Di sela-selanya, gedung-gedung pencakar langit dengan model yang unik dan kontemporer menyembul.

Bergeser sedikit, tampak Stadion Olympic Baku yang megah dan berstandard FIFA dan UEFA. Stadion ini memang diperuntukkan untuk agenda olahraga dunia seperti Piala UEFA.  Setidaknya ada 2 gelaran olahraga dunia yang sudah digelar di sini, yakni European Games pertama pada 2015. Bahkan jalanan kota Baku baru saja menjadi sirkuit dalam gelaran Grand Prix Formula 1 pada akhir April 2018 lalu. 

Masuk ke dalam pusat kota Baku, bangunan-bangunan bernuansa krem kekuningan mulai mendominasi. Gaya bangunan di Baku lebih mirip negara-negara Mediterania di Eropa ketimbang Asia, meski negara ini masuk ke kawasan Asia Tengah.

Azerbaijan memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi, seperti kota Skehi yang dulu sering didatangi para pedagang dari Tiongkok dan Eropa. Dan Azerbaijan memiliki gunung yang selalu mengeluarkan api di sepanjang tahun bernama Yanar Dag. Gunung yang juga dikenal sebagai "Burning Mountain" ini menjadi salah satu tempat wisata andalan di Azerbaijan.

Yanar Dag memiliki tinggi sekitar 116 meter. Lokasinya ada di Absheron Peninsula 25 kilometer dari kota Baku. Api yang muncul disebabkan oleh kandungan minyak yang berlimpah. Karena alasan itulah Azerbaijan dikenal juga sebagai Negara Api.

Baca juga: Butuh Camilan Santai Saat di Rumah? Coba Perkedel Jagung Manado

Salah satu landmark yang menonjol di Baku adalah Flame Tower. Atau bisa diartikan menara api. Dengan 3 gedung yang berbentuk nyala api, Flame Tower menjulang dengan gagahnya di kota Baku, yang sejatinya adalah gedung apartemen, hotel dan perkantoran. Negara ini memang terkenal dengan julukan Negara Api, karena ada api abadi di sini, yang juga menunjukkan kekayaan sumber daya alamnya, minyak dan gas bumi.

Warga Baku rupanya suka akan keindahan. Di tiap-tiap rumah dan bangunan, ada tanaman berbunga yang dipasang di dalam pot. Di sudut-sudut jalan juga banyak taman yang tertata rapi dengan bunga warna-warni.

Bangsa Azerbaijan memang memiliki kedekatan dengan api, dan bahkan menyebut negeri mereka sebagai The Land of the Fire.  Warga Baku biasanya menghabiskan waktu di taman ini dengan sekedar duduk-duduk di taman, bercengkrama dengan teman, bersepeda, bermain bola atau hanya sekadar duduk santai menikmati pemandangan lepas Danau Laut Kaspia. Satu spot lagi untuk menikmati kota Baku adalah di Dagustu Park, dekat taman makam pahlawan Sahidler Xiyabani. 

Dari taman ini, bisa dilihat keindahan kota Baku dari ketinggian. Baik gedung pencakar langit hingga pemandangan lepas ke Laut Kaspia bisa dinikmati dari sini.


Informasi Anda Genggam


Loading...