Ini Sederetan Koruptor Indonesia yang Sukses Kantongi Diskon Hukuman Bui

Azhar
Jumat, 30 Juli 2021 | 22:01 WIB
Koruptor Djoko Soegiarto Tjandra. Sumber: Internet R24/azhar Koruptor Djoko Soegiarto Tjandra. Sumber: Internet

RIAU24.COM -  Belum lama ini Pengadilan Tinggi DKI Jakarta mendapatkan sorotan publik.

Pengusaha Djoko Soegiarto Tjandra dan jaksa Pinangki Sirna Malasari resmi mendapat 'diskon' hukuman dari majelis hakim di tingkat banding.

Djoko dihukum pidana penjara 3,5 tahun, lalu berkurang satu tahun dari vonis pengadilan tingkat pertama dikutip dari cnnindonesia.com.

Baca juga: Geger! Satu Pasangan Di Grebek Dalam WC Umum, Netizen : Udah di Ujung Woi Kasihan

Sedangkan hukuman Pinangki menjadi empat tahun penjara dari semula 10 tahun.

Sementara itu, berdasarkan catatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sepanjang tahun 2019-2020 sudah ada 20 perkara yang ditangani KPK di mana hukuman terhadap para terdakwa korupsi dikurangi oleh MA.

Pengurangan masa tahanan itu baik di tingkat kasasi maupun peninjauan kembali.

Beberapa di antaranya seperti pengusaha Billy Sindoro, pengacara kawakan OC Kaligis, mantan Ketua DPD Irman Gusman, mantan hakim Mahkamah Konstitusi Patrialis Akbar.

Lalu mantan anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi, hingga Andi Zulkarnaen Mallarangeng alias Choel Mallarangeng.

Alhasil, potongan masa tahanan ini membuat KPK kecewa.

Baca juga: Menakutkan! Niat Mancing Ikan, Tapi Malah Ini yang Didapat

Plt Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri menyebutkan diskon hukuman dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan.

"Sebagai garda terdepan bagi para pencari keadilan, KPK pastikan fenomena ini juga akan memberikan image buruk di hadapan masyarakat yang makin kritis terhadap putusan peradilan, yang pada gilirannya tingkat kepercayaan publik atas lembaga peradilan pun semakin tergerus," ujarnya.


KPK Hukuman
Informasi Anda Genggam


Loading...