Meski Kecil Tapi Memiliki Banyak Keunikan, Ini Dia 5 Negara Terkecil di Dunia

Rizka
Senin, 02 Agustus 2021 | 14:44 WIB
Foto : Mstar R24/riz Foto : Mstar
Bea Cukai

RIAU24.COM -  SETIAP negara memiliki wilayah yang luas dan dibagi menjadi beberapa negara bagian dan distrik tetapi ada juga negara-negara kecil dengan jumlah penduduk yang kecil. Meski negaranya kecil namun memiliki daya tarik tersendiri bahkan menjadi fokus wisatawan dari seluruh dunia.

Berikut adalah lima negara terkecil di dunia dan fakta di baliknya.

1. Kota Vatikan

Kota Vatikan merupakan negara terkecil di dunia dengan luas hanya 0,44 kilometer persegi. Ia juga dikenal sebagai negara yang menganut sistem pemerintahan Teokratis yang berdasarkan agama. Negara ini juga hanya memiliki 1.000 penduduk dan dikenal sebagai 'enclave' karena terletak di negara lain, Italia.

Kawasan vatikan juga menjadi destinasi wisata yang tak pernah sepi pengunjung dari seluruh dunia. Sebagai penanda perbatasan dengan Italia, Vatikan dikelilingi tembok di sekeliling Roma. 

Baca juga: Negara-negara Berikut Ini Sama Sekali Tak Punya Masjid, Sudah Tahu?

2. Monako

Siapa sangka Monaco merupakan salah satu negara terkecil di dunia dengan luas hanya 2,02 kilometer persegi. Meski kecil, populasinya lebih padat yaitu 30.000 orang. Monaco masih termasuk dalam benua Eropa dan dikelilingi oleh negara-negara besar lainnya seperti Perancis dan menghadap ke Laut Mediterania.

3. Liechtenstein

Terletak di Eropa, negara terkecil berikutnya adalah Liechtenstein yang luasnya 160 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk hanya 37.000 orang. Negara ini dipimpin oleh seorang perdana menteri dengan mayoritas penduduk Katolik Roma. Kehidupan masyarakat di Liechtenstein sangat dipengaruhi oleh negara-negara sekitarnya karena sebagian besar penduduknya berasal dari Jerman, Swiss dan Austria.

Baca juga: Negara-negara Berikut Ini Sama Sekali Tak Punya Masjid, Sudah Tahu?

4. Nauru

Nauru adalah salah satu dari lima negara terkecil di dunia yang terletak di Australia. Luas wilayahnya juga hanya 21 kilometer persegi dengan 9.540 jiwa penduduk. Nauru dulu disebut negara kaya karena memiliki tambang fosfat yang digunakan untuk membuat bahan peledak. Namun karena berbagai faktor geografis, Nauru mengalami berbagai perubahan dan kerusakan yang mempengaruhi produksi fosfat.

5. Tuvalu

Tuvalu atau Kepulauan Ellice terletak di antara Hawaii dan Australia, lebih tepatnya di Samudera Pasifik. Negara yang luasnya hanya 26 kilometer persegi dengan kepadatan penduduk hanya 10.000 orang. Namun, semakin banyak orang yang pindah dari pulau-pulau karena naiknya permukaan laut, belum lagi posisi dataran rendah Tuvalu.


Informasi Anda Genggam


Loading...