Sukses Dirikan Perusahaan Apple, Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Dilelang Hingga Laku Rp 4,9 Miliar

Rizka
Selasa, 03 Agustus 2021 | 11:21 WIB
Steve Jobs R24/riz Steve Jobs

RIAU24.COM -  Surat lamaran kerja Steve Jobs pendiri Apple, dilelang di Internet dan laku Rp4,9 miliar (US$343.000; kurs Rp14.440,50).

Surat ini ditulis tangan langsung oleh Jobs pada 1973 lalu, di saat ia berusia 18 tahun.

Sebelumnya surat ini sudah dilelang pada Maret kemarin dengan harga 162.000 poundsterling atau Rp 3,2 miliar. Surat ini sendiri telah dilelang tiga kali, dengan lelang pertama digelar pada 2017.

Baca juga: Korea Utara Minta Warganya Kumur Air Garam dan Konsumsi Obat Tradisional untuk Perangi Wabah COVID-19

Dikutip dari India Today, surat lamaran kerja ini dilelang dalam dua versi. Versi pertama adalah surat fisik atau dalam bentuk asli, sementara versi kedua adalah digital dengan format Non-fungible Token atau NFT.

Proses lelang ini dilakukan untuk melihat apakah aset dalam bentuk digital NFT memiliki nilai yang sama dengan bentuk fisik. Surat ini sendiri dilelang oleh komunitas bernama Winthorpe Ventures.

Di akhir pelelangan, pertanyaan mereka terjawab. Versi fisik dari surat lamaran ini dihargai empat kali lebih mahal dari versi NFT. Sehingga, diketahui kalau orang lebih tertarik pada surat asli yang benar-benar ditulis Steve Jobs ketimbang salinan digital.

Surat lamaran ini tidak menjelaskan posisi apa yang dilamar oleh Steve Jobs. Tidak juga disebutkan nama perusahaan yang dilamar oleh pria itu.

Pada 1974, Steve Jobs mulai bekerja pada perusahaan Atari sebagai teknisi. Tapi, surat lamaran ini ditandatangani pada 1973. Berarti surat lamaran ini dibuat setahun sebelum ia mendapatkan pekerjaan pertama. Diperkirakan surat ini dibuat saat ia baru dikeluarkan dari Reed College di Portland, Oregon, AS.

Baca juga: Firaun Ini Paling Terkenal Sepanjang Sejarah, Siapa?

Dalam surat itu tertulis kemampuan yang bisa ia tawarkan kepada perusahaan adalah komputer dan kalkulator. Ia juga menawarkan kemampuan khusus pada teknologi elektronik atau insinyur desain digital.

Meski sudah berumur hampir 50 tahun, surat ini masih ada dalam kondisi fisik yang prima. Terdapat sejumlah kerutan dan fisik tua kertas di sana sini. Dokumen ini disertai dengan surat dan sertifikat untuk membuktikan keasliannya, seperti dilansir Business Today.


Informasi Anda Genggam


Loading...