Ketika Para TikTokers Nekat Makan Madu Beku, Ini Kata Ahli Tentang Efeknya Pada Kesehatan

Devi
Kamis, 05 Agustus 2021 | 10:21 WIB
Foto : Indiatimes R24/dev Foto : Indiatimes

RIAU24.COM - Salah satu tantangan kembali viral di TikTok  - kali ini, para pengguna membekukan madu dan memakannya, sebagai bagian dari tren viral yang juga menyebar ke platform media sosial lainnya. Video yang dibagikan di aplikasi itu menunjukkan bagaimana pengguna mengambil gigitan besar madu beku setelah memerasnya dari botol.

Menurut laporan dan klaim, tren tersebut digunakan oleh hampir 80 juta pengguna menggunakan tagar #FrozenHoney.

Baca juga: Pakar Memperingatkan Kasus Gizi Buruk yang Tidak Diketahui, Semakin Meningkat dan Mengkhawatirkan Pada Kaum Lansia

Ada variasi lain dari tren tersebut di mana orang mencampur madu dengan sirup jagung sebelum membekukannya karena dianggap kurang padat. Yang lain telah membuat campuran seperti permen, madu, dan sirup jagung. Namun, para ahli telah muncul dan menyatakan bahwa makan madu beku dapat menyebabkan sakit perut yang parah.

“Madu memang enak, tetapi mengonsumsinya dalam jumlah kecil untuk pemanis, cukup baik untuk kesehatan. Namun menggunakan madu dalam jumlah berlebihan hanya untuk mendapatkan banyak pengikut dan banyak perhatian, itu adalah hal gila,” kata Kristin Kirkpatrick, seorang ahli diet terdaftar di Klinik Cleveland.

Para ahli juga memperingatkan para TikTokers bahwa mereka mungkin mengalami diare, kram perut, dan kembung setelah mengkonsumsi madu beku. Alasan lain yang perlu dikhawatirkan adalah zat lengket dapat melukai gigi orang dan juga menyebabkan gigi berlubang.

Baca juga: Perusahaan Ini Ungkap Jika Vaksin Covid-19 Buatan Mereka Aman Untuk Anak-anak Berusia 5 Hingga 11 Tahun

“Jika Anda mencoba tren ini sesekali dan Anda sakit perut — hanya karena semua orang melakukannya — jadilah mandiri dan Anda juga tidak harus melakukannya,” kata Lia Young, asisten profesor nutrisi di New Sekolah Budaya, Pendidikan, dan Pengembangan Manusia Steinhardt Universitas York.


Informasi Anda Genggam


Loading...