Kasus Positif Virus Corona Melonjak, Rumah Sakit di Negara Bagian Amerika Serikat Rawat Pasien di Lapangan Parkir

Riki Ariyanto
Sabtu, 14 Agustus 2021 | 14:14 WIB
Kasus Positif Virus Corona Melonjak, Rumah Sakit di Negara Bagian Amerika Serikat Rawat Pasien di Lapangan Parkir (foto/int) R24/riki Kasus Positif Virus Corona Melonjak, Rumah Sakit di Negara Bagian Amerika Serikat Rawat Pasien di Lapangan Parkir (foto/int)

RIAU24.COM - Sejumlah negara bagian di Amerika Serikat (AS) alami lonjakan jumlah kasus virus corona di Amerika Serikat membuat sejumlah negara bagian kewalahan menghadapi lonjakan pasien. Hal itu membuat pusat medis Universitas Mississippi atau UMMC membuka rumah sakit lapangan dengan 20 tempat tidur di tempat parkir pada Jumat (13 Agustus 2021).

Dilansir dari Tempo, UMMC bahkan berencana membuka tenda rumah sakit yang mudah berpindah pada awal minggu depan. Fasilitas tersebut dikelola oleh tim medis yang dikirim oleh Departemen Kesehatan dan Pelayanan Kemanusiaan AS. Pada musim semi tahun 2020, saat pandemi corona pertama kali melanda, Mississippi pernah membuat rumah sakit di lapangan parkir.

Gubernur Mississippi Tate Reeves menyebut bahwa pemerintah federal telah menolak permintaan membuat rumah sakit terapung seperti milik Angkatan Laut AS, USNS Comfort, yang berlabuh di Manhattan pada Maret 2020. Rumah sakit terapung itu berguna meringankan beban pasien Covid-19 di fasilitas pelayanan kesehatan di New York. 

Baca juga: Miris, YouTuber Lydia Squid Gaming Dianggap Plagiat Nama Drama Squid Game

Ketika itu New York adalah pusat penyebaran virus corona di Amerika Serikat (AS). Wilayah Mississippi adalah negara bagian yang mencabut mandat pemakaian masker ketika Covid-19 masih menyebar.

Apalagi tingkat vaksinasi di wilayah Mississippi juga terendah di AS. "Saya percaya setiap individu harus membuat apa yang mereka yakini sebagai keputusan terbaik untuk diri mereka sendiri," sebut Tate Reeves ihwal pemakaian masker dan vaksinasi.

Gubernur Mississippi itu menyebut ke wartawan bahwa dirinya dan keluarga sudah divaksinasi namun mengatakan tetap ada risikonya.

Baca juga: Masyarakat Ajukan BTS Bebas Wamil, Pejabat Militer: Perlu Tinjauan Cermat

Tingkat vaksinasi yang rendah dan varian Delta yang lebih menular dari Covid-19 sudah mendorong lonjakan kasus Covid-19 di seluruh AS. Bahkan anak-anak yang terpapar Covid-19 juga banyak terpapar dan dirawat di rumah sakit.

Pada Jumat lalu, ada 1.871 pasien anak yang dirawat di rumah sakit di seluruh Amerika Serikat, menurut data CDC, lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Arkansas, Florida, Louisiana, Mississippi, dan Oregon telah melaporkan rekor jumlah rawat inap Covid-19 pada bulan ini. Unit perawatan intensif diperluas mendekati kapasitas dan memaksa negara bagian untuk mencari bantuan medis dari pemerintah federal.

Gubernur Partai Republik di negara bagian selatan seperti Florida dan Texas telah melarang kewajiban penggunaan masker. Pejabat setempat bahkan ancam bakal menahan dana dari sekolah yang mewajibkan pemakaian masker.


Informasi Anda Genggam


Loading...