Tumor Wilms: Gejala, Penyebab, Dan Pengobatan Kanker Ginjal Pada Anak

Devi
Rabu, 18 Agustus 2021 | 09:32 WIB
Foto : Ilustrasi R24/dev Foto : Ilustrasi

RIAU24.COM -  Tumor Wilms atau nephroblastoma adalah salah satu kanker paling umum yang menyerang anak-anak, dimulai di ginjal. Tumor ini mempengaruhi anak-anak antara usia 3 sampai 4 dan menjadi kurang umum setelah usia 5 tahun.

Dr Silky Jain, Paediatric Haemato-Oncologist dan BMT Physician, Jaypee Hospital, Noida berbagi gejala, penyebab, dan pengobatan Tumor Wilms.

Baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Penuhi 6 Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh agar Tetap Sehat

Gejala:
Biasanya muncul sebagai massa perut yang tidak nyeri, sering terdeteksi secara tidak sengaja oleh ibu saat memandikan anak. Selanjutnya, gejala yang paling umum adalah sakit perut. Sekitar seperempat pasien mungkin memiliki darah dalam urin, atau tekanan darah meningkat yang biasanya sembuh dengan pengobatan tumor yang tepat. Metastasis (penyebaran tumor di luar ginjal ke organ yang jauh) ditemukan pada sebagian kecil kasus saat diagnosis. Namun, jika itu terjadi, tempat yang paling sering terkena adalah paru-paru diikuti oleh hati.

Penyebab:
Sebagian besar kanker anak termasuk tumor wilms tidak terkait dengan faktor risiko lingkungan tertentu, tidak seperti tumor dewasa yang umum seperti kanker paru-paru. Namun, pada 10-15% kasus tumor Wilms, mungkin ada sindrom genetik yang mendasari yang menjadi predisposisi tumor Wilms. Misalnya, sindrom WAGR (risiko 30% tumor wilms), sindrom Denys-Drash (risiko> 90%), sindrom Beckwith-Wiedemann (risiko 5%). Oleh karena itu, penting untuk mencari gambaran klinis spesifik tambahan yang menjadi karakteristik dari sindrom ini pada setiap pasien dengan tumor Wilms. Ini dapat membantu dalam konseling genetik dan pencegahan tumor Wilms di generasi mendatang.

Seberapa langka penyakit ini di India?
Tumor Wilms adalah tumor paling umum kelima pada masa kanak-kanak, terhitung 5 hingga 6% dari kasus kanker anak. Sulit untuk mengutip kejadian pasti tumor Wilms di India karena kurang terdiagnosis dan kurang terdaftar. Namun, dalam analisis baru-baru ini, kejadian tahunan tumor ginjal di India diperkirakan 8,2 per juta anak usia 0-14 tahun. Jumlah ini sekitar 3000 kasus tumor ginjal yang terjadi setiap tahun di India, yang dalam jumlah absolut tidak sedikit.

Baca juga: 3 Jenis Susu Formula, Bebelac Menjadi Favorit

Kelompok usia mana yang lebih rentan terhadapnya?
Usia khas presentasi adalah 3 sampai 5 tahun. 90% kasus terjadi sebelum usia 6 tahun.

Semua kasus memerlukan pembedahan dan kemoterapi kombinasi (obat yang membunuh sel kanker). Bahkan jika tumor diangkat seluruhnya dengan pembedahan di muka, masih ada kebutuhan yang sangat diperlukan untuk menerima kemoterapi untuk mencapai kesembuhan total. Jumlah agen kemoterapi dan durasi pengobatan tergantung pada stadium penyakit. Beberapa pasien mungkin memerlukan radiasi lokal ke perut atau paru-paru tergantung pada luasnya penyakit dan temuan mikroskopis (jenis sel dalam tumor).

Ini adalah salah satu kanker pediatrik dengan tingkat kesembuhan yang sangat tinggi dari 80 hingga 90%, asalkan perawatan penuh dilakukan sesuai saran dari ahli hemato-onkologi pediatrik. Bahkan pada penyakit stadium lanjut, angka kesembuhan bisa mencapai 70%.


Informasi Anda Genggam


Loading...