Saidina Ali Veteran 45: Pertahankan NKRI Karena Sulit Mengambilnya

Riki Ariyanto
Jumat, 20 Agustus 2021 | 11:33 WIB
Saidina Ali Veteran 45: Pertahankan NKRI Karena Sulit Mengambilnya (foto/ist) R24/riki Saidina Ali Veteran 45: Pertahankan NKRI Karena Sulit Mengambilnya (foto/ist)

RIAU24.COM - Di momen bulan kemerdekaan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Riau berkesempatan mengunjungi veteran yang ada di Riau. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara mengisi kemerdekaan. Selain kunjungan, ACT Riau juga mendistribusikan bantuan pangan berupa Beras Wakaf, Gula, Teh, Air Minum Wakaf dan lainnya kepada veteran dan keluarga, Jumat (20/8/2021).

Saidina Ali (91), dirinya sudah 3 bulan terbaring di kasur karena sakit, dirinya mengatakan dalam berjuang dulu ia sering keluar masuk hutan untuk mengelabui Belanda, Tak hanya itu didalam berperang dulunya tanpa senjata yang ada berperang dulu baru ada senjata.

“Untuk itu pertahankan NKRI, karena ini sulit kita mengambil nya dahulu dan juga banyak pejuang yang gugur," ungkapnya

Dalam kesempatan tersebut, Saidina Ali pun berpesan kepada generasi penerus bangsa untuk terus mempertahankan kemederkaan yang sudah berlangsung 76 tahun ini. Ia pun tidak menampik penjajahan masih terjadi di masa sekarang, meski dalam bentuk yang berbeda. Generasi muda, bagi Saidina Ali, harus mampu melawan penjajahan dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Sebab, salah satu penjajahan yang paling nyata terlihat adalah dalam hal teknologi dan budaya.

Baca juga: Viral Pohon Pisang di Air Molek Riau Miliki Empat Tandan

Saidina Ali merupakan angkatan perang pada tahun 1945, ia juga pejuang di Padang, saaat pergolakan PGRI ia berjuang lama di dalam hutan.

“Alhamdulillah sampai saat ini masih bias bercerita tentang pengalaman berperang di saat belanda masuk ke sumatra,” kenang Saidina Ali.

Sementara itu, Humanity Contributor ACT Riau mengatakan, silaturahmi sekaligus mendistribusikan paket pangan merupakan bentuk apresiasi dan mengenang perjuangan para veteran yang telah mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Otak Pelaku, Polres Tetapkan Anthony Tersangka Perusakan PT Langgam Harmoni

“Selain kita mengenang, ini adalah cara lain sebagai generasi penerus menghargai perjuangan veteran yang menjadi saksi hidup. Selanjutnya mari bersama kita kirim doa tertulus untuk mereka agar selalu diberikan kesehatan dan perlindungan Allah,” ucapnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...