Mengerikan, Kota-Kota Ini Diprediksi Akan Tenggelam Pada 2050 Karena Perubahan Iklim

Devi
Senin, 23 Agustus 2021 | 00:38 WIB
Foto : India.com R24/dev Foto : India.com

RIAU24.COM -  Setiap kali kita mendengar lapisan es di Greenland hancur, atau melihat suhu yang lebih hangat dari biasanya di Kutub Utara, para ilmuwan menghitung dampaknya terhadap planet kita. 

Dan sekarang, simulasi online menunjukkan bagaimana wilayah pesisir planet kita pada tahun tertentu di masa depan akan terpengaruh oleh naiknya permukaan laut akibat perubahan iklim. 

Ini sesuai dengan alat yang disebut Alat Penyaringan Risiko Pesisir oleh Climate Central yang memprediksi efek pemanasan global berdasarkan tahun yang Anda pilih. 

Baca juga: Wow! Virus Purba Berusia 15.000 Tahun Ditemukan di Gletser Tibet



Efek perubahan iklim Mumbai-Maharashtra

Wilayah pesisir Maharashtra akan menjadi salah satu wilayah pesisir yang terkena dampak terburuk dalam daftar ini, termasuk ibu kota ekonomi India, Mumbai. Bahkan, sesuai representasi grafis, bagi saya sepertinya hampir 65 persen Mumbai terendam. 

Ini tidak hanya mencakup area seperti Colaba, Dadar, tetapi juga Bandra dan sebagian besar pinggiran kota di bagian barat kota. Bahkan kota-kota di pinggiran Mumbai seperti Mira-Bhayander, Vasai, Virar dan Nalasopara terpengaruh.

Selain Mumbai, beberapa wilayah pesisir lainnya seperti Murud, Alibaug dan bentangan Konkan-Malvan, Chiplun dan lainnya juga terpengaruh. 

Kenaikan permukaan laut pantai Gujarat

Beberapa daerah pesisir Gujarat juga akan terjebak dengan naiknya permukaan laut dengan daerah-daerah seperti Surat, Bharuch, Bhavnagar.

Bhuj, Kutch dan Gandhidham juga menjadi wilayah barat Gujarat menjadi yang paling terpengaruh. 

Proyeksi pemanasan global Goa

Pada tahun 2050, negara bagian kecil Goa yang terkenal dengan pantainya yang masih asli juga akan mengalami kenaikan permukaan laut yang cukup besar. Daerah seperti Mapusa, Pulau Chorao, Mulgao, Corlim, Dongrim dan Madkai adalah beberapa yang terkena dampak terburuk. 

Namun, di Goa Selatan, sebagian besar wilayah akan tetap utuh. Satu-satunya daerah yang tampaknya akan terpengaruh adalah Camorlim, Macasana dan Pantai Mobor. 

Baca juga: Resep Terong Goreng Krispi Bunga Mekar



Efek perubahan iklim Karnataka

Karnataka memiliki beberapa tempat yang akan mengalami kenaikan permukaan air yang cukup besar termasuk daerah pesisir populer seperti Kawar, Gokarna, Kumta, serta berbagai lokasi di Udupi, seperti Thekkal Thoda, Pantai Mattu, Malpe dll. 

Dekat Mangalore, beberapa daerah yang akan terkena dampak adalah Bendungan Maravoor, Pelabuhan Mangalore Baru, Kodikal, Kodi dll. 

Ketinggian air di Kerala naik

Di Kerala, wilayah di sekitar Kannur seperti Azhikode, Muneri, Ezhome, Pazhayangadi diperkirakan akan terendam air laut. Lebih jauh ke selatan, wilayah Arimbut, Thekkumkara, Peramangalam, dan Ernakulam dapat mengalami tingkat air yang tinggi. 

Daerah yang paling terpengaruh di sini adalah Alappuzha, Kottayam, Ambalapuzha, Haripad dekat Kochi. 

Peta perubahan iklim Tamil Nadu

Di Tamil Nadu, daerah pesisir seperti Chidambaram, Mahabalipuram, Kalpakkam, Marakkanam, Chunampet, Thiruporir, Velachery dan kota Chennai (hampir 45 persen) diperkirakan akan terkena dampak terburuk bersama dengan wilayah utara Ennore, Minjur, dan Pulicat. 

Pemanasan global Andhra Pradesh & Telangana

Andhra Pradesh dan Telangana jadi wilayah yang paling terpengaruh adalah Sullurupeta, Kadapatra, Venadu, Sriharikota, Chinthavaram, Thamminapatnam, Juvvaladinne, dll. 

Lebih jauh ke utara, wilayah Diviseema, Bhimavaram, Kaikaluru, Kakinadam dan beberapa bagian Visakhapatnam diperkirakan akan terendam air pada tahun 2050. 

Proyeksi perubahan iklim Odisha

Di Odisha, daerah dekat Brahmapur, seperti Gopalpur, Chatrapur, serta daerah di sekitar Danau Chilika seperti Brahmagiri, Satapada, Barkul diperkirakan akan mengalami tingkat air yang lebih tinggi dari biasanya. 

Lebih jauh ke utara, Anda akan menemukan wilayah yang paling parah terkena dampaknya termasuk sebagian besar Taman Nasional Bhitarkanika, Paradeep, Nuagan, Pattamundai, Chandbali, Dhamara, Kendrapara, dan lainnya. 

Peta pemanasan global Benggala Barat

Datang lebih jauh ke timur menuju Benggala Barat, dampak terburuk dari kenaikan permukaan laut akan terlihat di kota Kolkata dengan sebagian besar wilayah terendam bawah air termasuk Baranagar, Rajpur Sonarpur, dan beberapa daerah di sekitar Howrah seperti Santragachi, Balitikuri dll. 

Melihat ke luar Kolkata, wilayah lain di Kolkata yang akan terkena dampak yang sama adalah Digha, Contai, Mandarmani, Nandakumar, Tamluk, Patashpur, Jaynagar, dll.


Informasi Anda Genggam


Loading...