Sedikitnya Belasan Orang Tewas dan Puluhan Lainnya Hilang Dalam Bencana Banjir Tennessee

M. Iqbal
Senin, 23 Agustus 2021 | 08:40 WIB
Foto : Internet R24/ibl Foto : Internet

RIAU24.COM - Tim penyelamat masih melakukan pencarian dengan putus asa di tengah rumah-rumah yang hancur dan puing-puing untuk mencari puluhan orang yang masih hilang setelah hujan lebat yang memecahkan rekor menyebabkan banjir besar dan menggenangi Tennessee Tengah.

Setidaknya 10 orang tewas, termasuk balita kembar yang tersapu banjir dari pelukan ayahnya.

Banjir di daerah pedesaan merusak jalan, menara telepon seluler dan saluran telepon, membuat keluarga tidak yakin apakah orang yang mereka cintai selamat dari banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pekerja darurat sedang mencari dari pintu ke pintu, kata Kristi Brown, koordinator pengawas kesehatan dan keselamatan di Humphreys County Schools.

Baca juga: Terjebak Di Ukraina, Dokter Ini Menghabiskan Uang Hingga Ratusan Juta Untuk Membangun Tempat Penampungan Hewan Peliharaan

Sheriff Humphreys County Chris Davis mengatakan pada hari Minggu banyak orang hilang tinggal di lingkungan di mana air naik paling cepat.

Hingga 430mm (17 inci) hujan turun di county dalam waktu kurang dari 24 jam pada hari Sabtu, tampaknya memecahkan rekor Tennessee untuk curah hujan satu hari lebih dari 76mm (3 inci), kata Layanan Cuaca Nasional.

Daerah-daerah yang paling parah dilanda hujan dua kali lipat dari wilayah Tennessee Tengah dalam skenario terburuk sebelumnya untuk banjir, kata ahli meteorologi. Garis badai bergerak di atas daerah itu selama berjam-jam, memeras jumlah kelembaban - skenario yang telah diperingatkan para ilmuwan mungkin lebih umum karena pemanasan global..

Hujan deras dengan cepat mengubah anak sungai yang mengalir di belakang halaman belakang dan melalui pusat kota Waverly menjadi jeram yang mengamuk. Pemilik bisnis Kansas Klein berdiri di sebuah jembatan pada hari Sabtu di kota berpenduduk 4.500 orang dan melihat dua gadis yang berpegangan pada anak anjing dan berpegangan pada papan kayu menyapu, arusnya terlalu cepat bagi siapa pun untuk menangkapnya.

Dia tidak yakin apa yang terjadi pada mereka. Klein mendengar bahwa seorang gadis dan seekor anak anjing telah diselamatkan di hilir, dan bahwa seorang gadis lain juga diselamatkan, tetapi dia tidak yakin itu mereka.

Pada hari Minggu, air banjir menyusut dan meninggalkan puing-puing dari mobil yang rusak, bisnis dan rumah yang hancur, dan barang-barang yang kacau dan rusak.

Halaman Facebook Kantor Sheriff Humphrey County dipenuhi dengan orang-orang yang mencari teman dan keluarga yang hilang. Halaman GoFundMe dibuat meminta bantuan untuk biaya pemakaman orang mati, termasuk anak kembar berusia tujuh bulan yang terlepas dari lengan ayah mereka ketika mereka mencoba melarikan diri.

Tidak jauh dari jembatan, Klein mengatakan kepada kantor berita The Associated Press melalui telepon bahwa puluhan bangunan di daerah perumahan berpenghasilan rendah yang dikenal sebagai Brookside tampaknya telah menanggung beban banjir bandang.

Baca juga: Gawat! Australia Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertamanya, Inilah Daftar Negara yang Sudah Terdampak

Davis mengatakan kepada outlet berita pada hari Sabtu tentang 10 kematian yang dikonfirmasi dan lebih dari 30 orang hilang di daerahnya, yang terletak sekitar 96km (60 mil) barat Nashville. Korban tewas berkisar dari bayi hingga orang tua dan termasuk salah satu sahabatnya, kata sheriff dari daerah berpenduduk 18.000 orang itu kepada WSVM-TV pada hari Minggu.

“Kota kecil, komunitas kecil. Kita mengenal satu sama lain. Kami saling mencintai," kata Davis.

Tepat di sebelah timur Waverly, kota McEwen dihantam pada hari Sabtu dengan curah hujan 432mm (17 inci), memecahkan rekor 24 jam negara bagian 345mm (13,6 inci) dari tahun 1982, menurut National Weather Service di Nashville, meskipun Nomor hari Sabtu harus dikonfirmasi.

Peringatan banjir bandang dikeluarkan untuk daerah itu sebelum hujan mulai, dengan prakiraan cuaca mengatakan 100-150mm (4-6 inci) hujan mungkin terjadi. Badai terburuk yang tercatat di kawasan Tennessee Tengah ini hanya menurunkan curah hujan sebesar 230 mm (9 inci), kata Krissy Hurley, seorang ahli meteorologi layanan cuaca di Nashville.

Penelitian ilmiah baru-baru ini telah menentukan bahwa kejadian hujan ekstrem akan menjadi lebih sering karena perubahan iklim buatan manusia. Hurley mengatakan tidak mungkin untuk mengetahui peran pastinya dalam banjir hari Sabtu, tetapi mencatat pada tahun lalu kantornya menangani banjir yang dulunya diperkirakan mungkin sekali setiap 100 tahun pada bulan September di selatan Nashville dan pada bulan Maret lebih dekat ke kota.

"Kami memiliki jumlah air yang luar biasa di atmosfer," kata Hurley tentang banjir hari Sabtu. “Badai petir berkembang dan bergerak melintasi area yang sama berulang-ulang.”

Masalahnya tidak terbatas pada Tennessee. Sebuah studi federal menemukan perubahan iklim buatan manusia menggandakan kemungkinan jenis hujan lebat yang pada Agustus 2016 membuang 660mm (26 inci) hujan di sekitar Baton Rouge, Louisiana. Banjir tersebut menewaskan sedikitnya 13 orang dan merusak 150.000 rumah.


Informasi Anda Genggam


Loading...