Meluaskan Manfaat Sumur Wakaf di Pondok Pesantren

Riki Ariyanto
Selasa, 24 Agustus 2021 | 14:32 WIB
Meluaskan Manfaat Sumur Wakaf di Pondok Pesantren (foto/int) R24/riki Meluaskan Manfaat Sumur Wakaf di Pondok Pesantren (foto/int)

RIAU24.COM - Pondok Pesantren Miftahul Mu`Arrif terletak di desa Bandur Picak, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Riau. Seiring berjalannya waktu, minat dan antusias masyarakat naik untuk menitipkan putra dan putrinya supaya bisa belajar dan menghafal ayat-ayat suci Alquran, maka berkembanglah pondok Pesantren ini sampai sekarang.

Hingga saat ini pengembangan fisik Pondok Pesantren Miftahul Mu`Arrif mengalami peningkatan. Awalnya hanya beberapa gedung kelas, sekarang sudah berdiri asrama santri yang cukup bisa untuk ditempati. Namun sanitasi yang ada di pondok pesantren ini sangat terbatas. Air yang dikeluarkan dari MCK yang ada pun terkadang di musim kemarau air tidak jalan dan membuat kesulitan untuk santri melakukan aktivitas.

“Pesantren yang memiliki lebih dari 100 santri ini sudah memiliki fasilitas sanitasi tapi kadang tidak bias mencukupi santri yang banyak, sementara untuk pengeboran sumur membutuhkan biaya yang tidak sedikit,” ucap Fimansyah, salah satu guru yang mengajar Selasa (24/08/2021).

Baca juga: Viral Pohon Pisang di Air Molek Riau Miliki Empat Tandan

Untuk melengkapi fasilitas sanitasi dan MCK para santri, Global Wakaf – ACT sudah mulai membangun satu unit Sumur Wakaf beserta MCK untuk para santri di Pondok Pesantren Miftahul Mu`Arrif. Sumur Wakaf ini akan rampung sekitar 3 minggu lagi.

“Kami atas nama pengurus Pondok Pesantren Miftahul Mu`Arrif mengucapkan terima kasih kepada Global Wakaf – ACT dan donatur Permata Bank Syariah atas program bantuan berupa Sumur Wakaf. Sungguh bantuan dari Global Wakaf tersebut sangat bermanfaat dan membantu bagi kebutuhan para santri,” ujar Firmansyah.

Baca juga: Otak Pelaku, Polres Tetapkan Anthony Tersangka Perusakan PT Langgam Harmoni

Ahyar Kaprina Humanity Contributor ACT Riau mengatakan Selain Pondok Pesantren Miftahul Mu`Arrif, masih banyak lagi pondok pesantren yang membutuhkan bantuan dari para dermawan baik persoalan air, maupun persoalan lainnya. Oleh karenanya dirinya mengajak masyarakat untuk terus mendukung aksi-aksi dari Global Wakaf – ACT dalam membersamai para santri.

“Kami mengajak para dermawan untuk ikut serta dalam gerakkan kebaikan yang kami jalankan melalui program-program kami. Untuk Sumur Wakaf misalnya, bisa melalui laman Pekanbaru.Indonesia Dermawan, atau melalui rekening BSI di nomor 3030 3030 47 atas nama Yayasan Global Wakaf," ujar Ahyar.


Informasi Anda Genggam


Loading...