Ladies, Ini Tips Bermanfaat Menghilangkan Ketombe Dengan Cepat

Devi
Sabtu, 28 Agustus 2021 | 08:55 WIB
Foto : India.com R24/dev Foto : India.com

RIAU24.COM -  Ketombe dapat disebabkan karena berbagai alasan. Kekeringan yang berlebihan pada kulit kepala dapat menyebabkan serpihan putih. Namun, ini tidak menempel di kulit kepala. Kulit kepala yang terlalu berminyak juga dapat menyebabkan ketombe. 

Ini karena sifat berminyak pada kulit kepala dapat menyumbat pori-pori dan mengganggu distribusi minyak alami yang tepat. 

Ketombe juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur. 

Beberapa produk penata rambut atau hairdressing dapat menempel di kulit kepala dan menyebabkan ketombe karena menyumbat pori-pori kulit kepala. Dan, tentu saja, penyebab lainnya adalah kurangnya kebersihan – yaitu tidak mencuci rambut secara teratur dan tidak membilas dengan baik dengan air.

Baca juga: Dear Ladies, Ini 3 Tips Mudah Untuk Menghilangkan Ketiak Gelap

Jika Anda sedang berjuang dengan ketombe, maka ahli kecantikan Shahnaz Husain memiliki beberapa tips yang berguna untuk Anda, yaitu :

  • Membilas dengan baik menjadi lebih penting setelah mengoleskan bahan-bahan seperti yogurt.
     
  • Cuci rambut normal hingga kering setidaknya dua kali seminggu, menggunakan lebih sedikit sampo dan bilas dengan air. Di musim panas dan lembab dan untuk kulit kepala berminyak, cuci rambut lebih sering. Gunakan sampo ringan dan gunakan hanya satu aplikasi, kecuali minyak telah diterapkan.
     
  • Panaskan minyak zaitun atau minyak kelapa dan oleskan pada kulit kepala malam sebelum keramas, menggunakan kapas. Untuk ketombe lengket, gosok kulit kepala dengan lembut untuk melonggarkan serpihan. Keesokan paginya, oleskan jus lemon pada kulit kepala, 15 menit sebelum keramas.

Baca juga: 5 Efek Samping Berbahaya Minum Dari Botol Air Plastik, Bisa Sebabkan Kemandulan Lho...

  • Hindari minyak jika kulit kepala terlalu berminyak. Jika ada ketombe, jangan gunakan krim kondisioner  Bilas rambut jauh lebih baik.
     
  • Gunakan bilas rambut setelah keramas. Campurkan 2 sendok makan cuka sari apel dengan segelas air dan gunakan sebagai bilasan terakhir.
     
  • Atau, tambahkan dua genggam daun nimba 4 sampai 5 gelas air panas. Biarkan semalaman. Keesokan paginya, buat pasta dari daun dan oleskan. Cuci bersih setelah setengah jam.
     
  • Sertakan buah-buahan segar, salad mentah, kecambah, dan yogurt dalam diet harian Anda. Minumlah 6 hingga 8 gelas air setiap hari. Tambahkan jus lemon ke dalam segelas air dan minumlah di pagi hari.
     
  • Jika ada ketombe, jangan gunakan gel dan pomade penata rambut. Jika digunakan, cuci rambut Anda keesokan harinya.
     
  • Tidak makan gorengan dan pedas. Dalam kasus ketombe parah, cuci sarung bantal, dan handuk dalam air panas, setelah menambahkan beberapa tetes lotion antiseptik, seperti Savlon.

Informasi Anda Genggam


Loading...