Heboh Dapat Honor Dari Kematian Pasien Covid-19, Bupati Jember Kembalikan Rp70 Juta ke Kas Daerah

Riki Ariyanto
Sabtu, 28 Agustus 2021 | 22:30 WIB
Heboh Dapat Honor Dari Kematian Pasien Covid-19, Bupati Jember Kembalikan Rp70 Juta ke Kas Daerah (foto/int) R24/riki Heboh Dapat Honor Dari Kematian Pasien Covid-19, Bupati Jember Kembalikan Rp70 Juta ke Kas Daerah (foto/int)

RIAU24.COM - Heboh ada kepala daerah dan sejumlah pejabat menerima honor di setiap pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Hal itu terjadi di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Dilansir dari Kompas, yang mendapat honor itu adalah Bupati Jember, Sekretaris Daerah (Sekda), Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember hingga Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistisk BPBD Jember. Dilaporkan Kompas, Kamis (26 Agustus 2021), masing-masing pejabat itu mendapatkan honor senilai Rp 70.500.000.

Adapun, total nilai honor dari empat pejabat sebab menjadi tim pemakaman jenazah Covid-19, yang total honor yang akan dibayarkan hingga Rp 282 juta.

Baca juga: Studi Menunjukkan Mulai Berolahraga Di Usia Tua Ternyata Berefek Seperti Ini Bagi Sel Dalam Tubuh

Perhitungan besaran honor adalah Rp 100 ribu untuk setiap ada warganya yang meninggal dunia diakibatkan Covid-19.

Dalam keterangannya, Bupati Hendy mengaku menerima honor Rp 70.500.000 dari pemakaman jenazah Covid-19. Bupati Jember, Hendy Siswanto menyebut honor puluhan juta yang diterima itu dari pemakaman jenazah Covid-19 bukan setiap bulan.

Honor itu didapat sebab konsekuensi dari penanggung jawab yang bertugas memonitor pemakaman jenazah Covid-19. Sehingga pertanggungjawaban pada keluarga yang meninggal dunia. Tetapi, Bupati Hendy menegaskan tak berharap mendapatkan honor itu.

Baca juga: Putri Nurul Arifin Meninggal Mendadak, Frustasi Akibat Tak Bisa Bebas Selama Pandemi

“Bukan setiap bulan dapat itu (Rp 70 juta), kami tidak berharap mendapatkan seperti itu, kalau besar, artinya yang meninggal banyak. Kami tidak harapkan itu,” sebut Hendy, Kamis (26 Agustus 2021).

Bupati Hendy melanjutkan, jumlah warga yang meninggal karena Covid-19 pada Juni-Juli 2021 mengalami peningkatan.

Jumlah honor mencapai Rp 70 juta dihitung dari jumlah warga yang meninggal.

Belakangan setelah heboh, Bupati Jember Hendy Siswanto akhirnya mengembalikan honor senilai Rp 70.500.000 yang didapatnya dari kematian pasien Covid-19 ke kas daerah Pemkab Jember. Alasan pengembalian itu karena honor sebanyak itu dinilai bukan haknya.


Informasi Anda Genggam


Loading...