11 Desa di Pulau Burung Kekurangan Oksigen, ACT Riau Langsung Kirimkan Bantuan Tabung Oksigen

Riki Ariyanto
Senin, 30 Agustus 2021 | 14:05 WIB
11 Desa di Pulau Burung Kekurangan Oksigen, ACT Riau Langsung Kirimkan Bantuan Tabung Oksigen (foto/int) R24/riki 11 Desa di Pulau Burung Kekurangan Oksigen, ACT Riau Langsung Kirimkan Bantuan Tabung Oksigen (foto/int)

RIAU24.COM - Pulau Burung adalah suatu Kecamatan di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Pulau burung sendiri berada di pesisir pulau Sumatera. Untuk menuju kesana kita akan memakan waktu 3 jam lebih perjalanan air dari pelabuhan Tembilahan di lanjutkan 30 menit perjalan darat memakai sepeda motor. Senin 30/08/2021.

Sri Wahyuni, bidan di desa Pulau Burung mengatakan, jauhnya akses menuju kota membuat warga disini sulit dalam mendapatkan tabung oksigen secara cepat, banyak warga yang terkena penyakit Asma, Sesak napas dan Covid 19 harus menunggu 1 sampai 2 hari baru bisa mendapatkan tabung oksigen.

“Dengan tidak adanya oksigen kami menelpon ke satu satu desa yang terdiri dari 11 desa menanyakan desa mana yang masih ada ketersediaan tabung oksigen, kalua pun ada biasanya hanya 1 tabung tapi pasien disini membutuhkan ada yang 2 tabung,” ujarnya.

Baca juga: Akhir Pekan Hotspot Riau Turun Drastis, Hanya Tersisa Belasan Titik Panas

Tak hanya itu Sri juga menyebutkan jarak yang jauh dari 11 desa yang ada di pulau burung ini membuat warga juga harus menunggu lama mendapatkan tabung oksigen.

“Ngambil oksigen dari desa ke kabupaten itu totalnya ada 6 jam, ke kecamatan dulu sekitar 1 jam lebih dan ke kabupaten nya sekitar 4 jam lebih dengan biaya pulang pergi untuk satu orang itu ada 700 ribu,” Imbuhnya.

Sri menyampaikan ucapan terima kasih nya kepada Aksi Cepat Tanggap Riau yang telah memberikan 3 buah tabung oksigen dan obat obatan untuk kami di Kecamatan Pulau Burung ini, kerena saat ini kami sangan membutuhkan adanya ketersediaan tabung Oksigen.

“Terima kasih sudah jauh jauh dari pekanbaru dating kesini menyampaikan tabung oksigen kepada warga kami disini,” ujarnya.

Baca juga: Viral Pohon Pisang di Air Molek Riau Miliki Empat Tandan

Ahyar Kaprina sebagi Humanity Kontributor ACT Riau mengatakan sebanyak 3 tabung oksigen beserta obat obata telah kami didistribusikan semoga ini sangat membantu masyarakat dan tim medis disana.

"Tak hanya di Pulau Burung saja, namun kekurangan oksigen ini terjadi di daerah daerah pesisir di Provinsi Riau, untuk menanggulangi kelangkaan tabung oksigen ini kami mengajak masyarakat riau yang ada tabung oksigen nya boleh di kirimkan ke kantor ACT Riau atau bisa juga dengan berdonasi melalui rekening Aksi Cepat Tanggap: BSI 6666777768,” tutur Ah Yar.


ACT Riau
Informasi Anda Genggam


Loading...