Sering Dianggap Diktator, Kim Jong-un Malah Jadi Idola di Gaza Palestina dan Tolak Yerusalem Bagian Dari Israel

Riki Ariyanto
Kamis, 02 September 2021 | 11:19 WIB
Sering Dianggap Diktator, Kim Jong-un Malah Jadi Idola di Gaza Palestina dan Tolak Yerusalem Bagian Dari Israel (foto/int) R24/riki Sering Dianggap Diktator, Kim Jong-un Malah Jadi Idola di Gaza Palestina dan Tolak Yerusalem Bagian Dari Israel (foto/int)
Bea Cukai

RIAU24.COM - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un tengah ramai karena penurunan drastis berat tubuhnya. Tetapi kabar Kim Jong-un sejak lama sudah terkenal, namun bukan soal isu kediktatorannya.

Kim Jong-un pernah jadi pembicaraan di Gaza, Palestina. Sosok Kim Jong-un bahkan dipajang dengan bendera Palestina bergandengan Korut.

Hal itu sebab Kim Jong-un menolak mengakui Yerusalem sebagai bagian Israel. Dan tegas Korea Utara mendukung sepenuhnya kemerdekaan Palestina sebagai negara berdaulat.

Baca juga: Garuda Indonesia Akan Terbangkan 7.000 PMI ke Korea Selatan Tahun ini

Bahkan viral ada warga Korea Utara di Gaza memberi diskon besar-besaran hingga 80 persen jika makan di restoran di Gaza. Berita itu viral diberitakan pada 2017.

"Diskon 80 persen bagi pelanggan asal Korea Utara sebagai penghargaan atas dukungan pemimpin Kim Jong Un terhadap Palestina," demikian tertulis di Restoran Rabaa di kamp pengungsi Jabalia.

Baca juga: Covid-19 Memperparah Masalah Kesehatan Mental Anak-anak Dari Wilayah yang Terpinggirkan

Diskon besar-besaran bagi warga Korea Utara itu sebagai bentuk rasa terima kasih ke Kim Jong Un. Hal ini sekaligus memantapkan Kim Jong-un menentang langkah Amerika Serikat (AS) mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Itulah sekilas berita Kim Jong-un selain isu kediktatoran Kim Jong-un dan masalah kesehatannya yang dikabarkan telah menjalani serangkaian operasi.


Informasi Anda Genggam


Loading...