Tips Perawatan Kulit: Manfaat Teh Hijau untuk Kulit yang Menakjubkan

M. Iqbal
Sabtu, 04 September 2021 | 08:41 WIB
Foto : Ilustrasi R24/ibl Foto : Ilustrasi

RIAU24.COM Teh hijau pasti memiliki banyak manfaat luar biasa seperti mengurangi berat badan, meningkatkan fungsi otak atau bahkan mencegah penyakit kardiovaskular. Namun, manfaat yang kurang dibicarakan tentang ramuan ajaib ini adalah, teh hijau juga memberikan beberapa manfaat perawatan kulit yang efektif dan sering dimasukkan dalam bahan produk kecantikan.

 Dari mencegah kerontokan rambut hingga memiliki sifat anti-penuaan, berikut manfaat teh hijau bagi kulit kita. 

Baca juga: Mengerikan, Inilah 3 Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Berolahraga Larut Malam

1. Melindungi Kulit Wajah dari Kanker Kulit

Teh hijau mengandung polifenol dan enam jenis katekin, dengan epigallocatechin gallate (EGCG) dan epicatechin gallate (ECG) yang memiliki potensi paling besar untuk merawat kulit wajah. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan.  

Antioksidan merupakan molekul yang memiliki kemampuan melawan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas adalah senyawa yang dapat membahayakan tubuh, kesehatan, dan kulit jika kadarnya terlalu tinggi. Mereka dapat menyebabkan kerusakan sel dan telah dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk kanker. 

Kekuatan antioksidan EGCG dapat membantu memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Ini dapat membantu melindungi kulit wajah dari kanker kulit non-melanoma. 

2. Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan EGCG yang berlimpah dalam teh hijau, memiliki kemampuan untuk meremajakan sel-sel kulit yang rusak. Dengan melindungi dan memperbaiki sel-sel, antioksidan ini dapat memerangi tanda-tanda penuaan dini dan membuat kulit kusam terlihat lebih sehat. 

Vitamin dalam teh hijau, terutama vitamin B-2, juga dapat membuat kulit terlihat lebih muda. Vitamin B-2 memiliki kemampuan untuk mempertahankan kadar kolagen yang dapat meningkatkan kekencangan kulit.

3. Mengurangi Kemerahan dan Iritasi

Teh hijau juga memiliki sifat antiinflamasi berkat kandungan polifenol teh yang tinggi. Sifat anti-inflamasi teh hijau dapat membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan pada kulit, dan pembengkakan. Mengaplikasikan teh hijau pada kulit juga dapat menenangkan luka kecil dan terbakar sinar matahari. 

Karena sifat anti-inflamasinya, teh hijau topikal dapat sebagai obat yang efektif untuk banyak kondisi dermatologis. Yaitu menenangkan iritasi dan gatal-gatal yang disebabkan oleh psoriasis, dermatitis, dan rosacea, dan mungkin juga bermanfaat untuk mengobati keloid. 

4. Mengobati Jerawat

Sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba dalam teh hijau dapat menjadikannya pengobatan yang efektif untuk jerawat dan kulit berminyak. Polifenol dalam teh hijau ketika diterapkan pada kulit dapat membantu sekresi sebum yang dapat menyebabkan jerawat. 

Polifenol dalam teh hijau juga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dengan merusak membran bakteri. Ini berarti teh hijau dapat menjadi alat yang bermanfaat untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. 

Baca juga: 8 Camilan Sehat yang Dapat Anda Kunyah Saat Tengah Malam Tanpa Rasa Bersalah

5. Melembapkan Kulit

Teh hijau mengandung beberapa vitamin, termasuk vitamin E. Vitamin satu ini dikenal kemampuannya sebagai pemelihara dan pelembap kulit, serta mengurangi kulit kasar. 

Dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba, masker wajah mengandung teh hijau dapat membantu kulit wajah dalam berbagai cara. Tidak hanya dapat melindungi kulit dari penuaan dini, kerusakan UV, kemerahan, dan iritasi, tapi juga memiliki kemampuan untuk melawan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.


Informasi Anda Genggam


Loading...