Benarkah Sering Mimpi Basah Bisa Mengganggu Sistem Reproduksi Pria, Ini Jawabannya...

M. Iqbal
Sabtu, 04 September 2021 | 10:10 WIB
Foto : Ilustrasi R24/ibl Foto : Ilustrasi

RIAU24.COM -  Mimpi basah merupakan salah satu ciri yang akan dialami oleh remaja laki-laki yang memasuki masa puber dan merupakan hal yang lumrah dalam proses melangkah menuju kedewasaan.

Smarter Health melaporkan bahwa orgasme yang terjadi saat tidur dapat terjadi tanpa adanya rangsangan seksual seperti sentuhan fisik atau masturbasi.

Biasanya, mimpi basah terjadi saat seseorang memasuki tahap akhir tidur atau REM (Rapid Eye Movement). Pada tahap ini, aktivitas otak cenderung meningkat, selain itu pernapasan dan detak jantung menjadi lebih cepat serta tekanan darah meningkat.

Baca juga: Inilah 5 Alasan Orang Korea Mengapa Selalu Sehat dan Bugar

Berikut penjelasan lebih lanjut mengapa seseorang sering mengalami mimpi basah dan cara mengatasinya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyebab seseorang sering mengalami mimpi basah dipengaruhi oleh kadar hormon dalam tubuhnya.

Semakin tinggi kadar hormon testosteron, semakin sering pria mengalami mimpi basah. Posisi tidur juga dapat berkontribusi pada kondisi tersebut dan sebuah penelitian membuktikan, seorang pria cenderung mengalami mimpi basah saat tidur dalam posisi tengkurap.

Sementara itu, ada juga yang beranggapan bahwa orgasme terjadi karena pria mengalami mimpi seksual. Namun, hal tersebut belum terbukti benar dan merupakan penyebab utama mimpi basah.

Baca juga: Hindari dari Sekarang Jika Tak Ingin Menyesal Seumur Hidup, Ini Bahaya Minum Es Saat Haid

Bisakah beberapa orang mengalami mimpi basah beberapa kali dalam seminggu sementara yang lain hanya terjadi sekali dalam seumur hidup mereka ? Kondisi ini normal dan perlu diketahui, frekuensi dan kelangkaan mimpi basah bukanlah pertanda baik atau buruk bagi kesehatan organ reproduksi.

Tidak ada cara khusus untuk mencegah terjadinya mimpi basah namun tidur dengan posisi terlentang atau terlentang dapat membantu mengatasi alat kelamin yang bersentuhan dengan kasur atau bantal saat tidur dalam posisi tengkurap.


Informasi Anda Genggam


Loading...