Pekanbaru Turun Status Jadi Zona Oranye, Satgas Covid-19 Tetap Lakukan Pengawasan Prokes Ketat

Riki Ariyanto
Sabtu, 04 September 2021 | 19:52 WIB
Pekanbaru Turun Status Jadi Zona Oranye, Satgas Covid-19 Tetap Lakukan Pengawasan Prokes Ketat (foto/int) R24/riki Pekanbaru Turun Status Jadi Zona Oranye, Satgas Covid-19 Tetap Lakukan Pengawasan Prokes Ketat (foto/int)

RIAU24.COM - Kota Pekanbaru, Provinsi Riau telah turun status penyebaran Covid-19 dari zona merah ke zona oranye. Meski begitu Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 tetap memastikan pengawasan protokol kesehatan (Prokes) ketat masih tetap berlangsung.

Hal itu disampaikan Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang yang tergabung dalam tim Satgas Covid-19. Dirinya menyebut patroli masih setiap hari dilakukan.

Khususnya lokasi-lokasi yang menjadi tempat keramaian seperti kuliner dan pusat perbelanjaan, juga lokasi wisata yang ada di Kota Pekanbaru. "Kita masih patroli rutin. Karena (PPKM) tahap IV ini kan sampai minggu depan," sebut Kasatpol PP Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang, Jumat (3 Agustus 2021). 

Baca juga: Rumah Tua Terbakar, Puluhan Kucing dan Barang Antik Miliaran Rupiah Ludes

Maka itu tidak hanya masyarakat melainkan pelaku usaha diminta untuk membantu mengawasi dan mendisiplinkan pemakaian protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. "Edukasi tetap kita berikan. Supaya pelaku usaha dan masyarakat tertib Prokes," sebut Iwan. 

Iwan menyebut Prokes tidak boleh longgar, sehingga Prokes tetap mesti disiplin selama
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV yang telah diterapkan sejak 26 Juli lalu. Selain itu Iwan juga mendorong masyarakat yang belum vansin agar ikut vaksinasi Covid-19.

"Tetap ingat selalu memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menjaga jarak. Dengan begitu kita harapkan Pekanbaru bisa kembali zona hijau, dan masyarakat disiplin Prokes dan juga ikut vaksinasi Covid-19," pesan Iwan.

Sebagai informasi PPKM level IV yang sudah diterapkan membuahkan hasil baik. Karena status Pekanbaru dari zona merah turun jadi zona oranye sebaran wabah covid.

Baca juga: Breaking News, Rumah Tua di Tengah Kota Hangus Terbakar

Satuan Tugas (Satgas) Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru telah melakukan pemetaan. Hasilnya hanya empat kecamatan yang masuk zona merah dengan tingkat resiko penularan tinggi yaitu Kecamatan Binawidya, Payung Sekaki, Senapelan dan Kecamatan Sukajadi.

Sedangkan delapan kecamatan sudah zona oranye yaitu Kecamatan Bukit Raya, Limapuluh, Marpoyan Damai, Pekanbaru Kota, Rumbai, Sail, Tenayan Raya dan Tuah Madani.

Sementara tiga kecamatan lainnya sudah masuk zona kuning yaitu Kecamatan Kulim, Rumbai Barat dan Rumbai Timur.


Informasi Anda Genggam


Loading...