Jika Menemukan Bunga Seperti Ini, Kalian Beruntung! Ini Sederet Manfaat Bunga Pacar Air

Rizka
Rabu, 08 September 2021 | 08:41 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM -  Bunga pacar asing sudah tidak asing bagi sebagain orang. Tanaman ini bisa tumbuh dimana saja, baik itu di dataran rendah maupun di dataran tinggi.

Selain memiliki tampilan yang menarik, siapa sangka jenis tanaman hias ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jadi beruntunglah Anda yang memiliki tanaman ini.

Awalnya tanaman ini berasal dari daratan Asia Selatan dan Asia Tenggara. Namun, kini telah menyebar ke berbagai negara termasuk negara Barat.

Pacar air memiliki ciri khas pada bunganya yakni berwarna putih, merah, ungu, dan merah muda.

Baca juga: Hanya 4 Bahan Saja, Ini Es Krim Lembut Susu UHT

Selain dari warna bunganya yang menarik hati, banyak orang mempercayai khasiat dari tanaman liar satu ini.

Nama latin dari bunga pacar air adalah Balsaminaceae. Banyak sebutan untuk jenis tanaman ini seperti Rose Balsam, Spotted snapweed, Touch-Me-Not, dan Garden Balsam.

Bagian tanaman pacar air banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Mulai dari akar, daun, biji bahkan kelopak bunga itu sendiri.

Daun dan biji bunga pacar air bisa dimakan secara langsung maupun dimasak terlebih dahulu. Sedangkan tunas mudanya bisa Anda masak kemudian dijadikan obat.

Baca juga: Cara Membuat Nasi Ulam Khas Betawi yang Menggugah Selera

Di Amerika, bunga tanaman ini sering dijadikan obat ruam. Beda halnya di Indonesia yang memanfaatkan bunga tanaman ini sebagai kuku jari atau hena.

Selain itu, tanaman ini juga bisa mengobati sakit pinggang dan gigitan ular, yaitu dengan menghaluskan bunganya dan dioleskan pada bagian pinggang atau bekas gigitan ular.

Bahkan benih tanaman ini juga dipercaya mampu mengatasi kanker. Sedangkan daunnya bisa dijadikan obat kutil.


Informasi Anda Genggam


Loading...