Program CD RAPP-APRB: Pelayanan Kesehatan Gratis kepada Masyarakat

Alwira
Jumat, 10 September 2021 | 08:22 WIB
Saat pengobatan gratis R24/wira Saat pengobatan gratis

RIAU24.COM - Di tengah pandemi COVID-19, peran pemeriksaan kesehatan sangat penting untuk mencegah berbagai risiko. 

Baca juga: Beri Pelayanan Maksimal kepada Peserta JKN-KIS, RSUD Siak Raih Penghargaan Dari BPJS Kesehatan

Mendukung hal tersebut, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan PT Asia Pacific Rayon (APR) melalui program Community Development (CD) melakukan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan. 

Kegiatan preventif ini digelar selama 3 hari dari Selasa (7/9) hingga Kamis (9/9) di sejumlah titik di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan dan Siak.

Manajer CD RAPP-APR, Sundari Berlian mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu wujud pengabdian perusahaan bagian dari grup APRIL dan APR terhadap kualitas kesehatan masyarakat sekitar. Diharapkan melalui pemeriksaan kesehatan ini, masyarakat dapat mengetahui kondisi kesehatannya dan cara yang tepat dalam pencegahan dan penanganan penyakit.

"Kegiatan ini juga sejalan dengan program pemerintah sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat dipenuhi dengan baik, sehingga kemungkinan adanya penyakit yang menyerang tubuh dapat dicegah sedini mungkin," ujarnya.

Sundari menambahkan, program ini menjadi bagian dari upaya mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) 2030 oleh PBB nomor 3, yakni kesehatan yang baik dan kesejahteraan. Hal ini juga sejalan dengan komitmen APRIL 2030, salah satunya Kemajuan Inklusif yang mencakup langkah konkrit pengembangan masyarakat melalui serangkaian inisiatif transformatif khususnya pada aspek pelayanan kesehatan. Komitmen ini semakin menegaskan unit usaha grup Royal Golden Eagle (RGE), sebagai perusahaan yang mendukung bisnis berkelanjutan sekaligus mendorong tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia.

"Penerapan SDGs tidak hanya pada kegiatan operasional saja, akan tetapi perusahaan juga memastikan masyarakat sekitar juga ikut dilibatkan untuk mencapai tujuan tersebut," jelasnya.

Lurah Pangkalan Kerinci Barat, Dhias Irlian mengatakan program pemeriksaan kesehatan sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama di masa pandemi, terlebih di masa cuaca yang berubah-ubah.

"Terima kasih kepada RAPP dan APR atas kepeduliannya kepada masyarakat karena ini menjadi upaya antisipasi bagi kita dalam menjaga ketahanan daya tahan tubuh yang bisa saja menurun sehingga rentan sakit di situasi sekarang ini," ujar Dhias.

Salah seorang peserta dari Pangkalan Kerinci Barat, Zariah (68) mengaku sangat terbantu dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan ini. Menurutnya, selain bisa konsultasi dengan dokter, dirinya juga diberikan obat-obatan secara gratis.

"Badan saya terasa kurang nyaman belakangan ini dan perut juga kram, jadi di sini kebetulan sekali saya bisa konsultasi dan berobat ke dokter," tuturnya.

Zariah merupakan satu dari 50 orang yang ikut merasakan manfaat pemeriksaan kesehatan ini di Puskesmas Berkilau, Pangkalan Kerinci Barat, Kabupaten Pelalawan (7/9/2021). 

Baca juga: Bupati Siak: RDTR Beri Kepastian Bagi Calon Investor Di Kawasan Industri Tanjung Buton

Kegiatan serupa juga dilakukan di Aula Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota, Posyandu Nusa Indah 1 Kampung Simpang Perak Jaya dan Posyandu Bahagia Jalan Arbes, Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur. Kegiatan ini mendapat antusias tinggi dari masyarakat setempat dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Untuk menghindari kerumunan, waktu pemeriksaan bagi masyarakat diatur sedemikian rupa dan datang sesuai jam ditentukan serta diberikan kartu antrean. (rls)


Informasi Anda Genggam


Loading...