Perlukah Panasin Mobil Tiap Pagi? Ini Kata Rifat Sungkar

M. Iqbal
Jumat, 10 September 2021 | 15:08 WIB
Ilustrasi/net R24/ibl Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Biasanya, sebelum memakai kendaraan di pagi hari, perlu dipanaskan terlebih dahulu meskipun hanya beberapa menit. Namun, masih relevankah ritual seperti ini?

"Memanasi mesin sebelum mobil digunakan boleh saja. Namun harus paham dulu tujuan dari ‘memanasi’ tadi," ujar Rifat Sungkar dilansir dari Otodriver.com.

"Tujuan dari memanasi tadi sebenarnya memberi kesempatan bagi oli mesin untuk bersirkulasi dengan baik hingga melumasi bagian-bagian dari mesin," lanjutnya.

Baca juga: Bukan Biar Lebih Terjangkau, Ini Alasan All New Daihatsu Xenia Pakai Rem Belakang Tromol

"Namun karena saat ini mesin-mesin modern telah menggunakan pelumas yang lebih encer dan mesin lebih presisi, maka tidak lagi diperlukan waktu yang lama untuk melakukan pelumasan sempurna," kata dia lagi.

Dengan oli yang lebih encer, maka sirkulasi pun dapat dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan mesin lawas yang rata-rata masih menggunakan oli yang lebih kental.

Meski demikian, Rifat setuju jika kita boleh saja menyempatkan walau hanya 1 menit untuk memanasi mesin dengan tujuan agar pelumasan pada mesin terjadi dengan sempurna.

Baca juga: Masih Banyak Salah, Ini Cara Paling Tepat Buat Panasin Mobil Matik Biar Enteng di Jalanan

"Sebaliknya, bagi mesin turbo, sebaiknya kita tidak langsung mematikannya begitu selesai digunakan. Kita beri waktu sekitar 1 menit supaya unit turbo berada tidak terlalu tinggi putarannya," ujar pembesut Xpander AP4 ini.

"Diberi waktu kira-kira 1 menit ini tujuannya supaya putaran kincir pada turbo telah melambat dan dengan demikian, mesin menjadi lebih awet," tandasnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...