Lionel Messi dan Neymar Pecahkan Rekor Dalam Mencetak Gol, Melampaui Rekor Pele

Devi
Sabtu, 11 September 2021 | 08:30 WIB
Foto : India.com R24/dev Foto : India.com

RIAU24.COM -  Rekan setim Paris Saint-Germain Lionel Messi dan Neymar keduanya memecahkan rekor mencetak gol pada hari Jumat (IST) saat Argentina dan Brasil melanjutkan perjalanan mereka menuju Piala Dunia tahun depan di Qatar. 

Kapten Argentina mencetak hat-trick brilian dalam kekalahan 3-0 timnya dari Bolivia, sementara Neymar mencetak satu gol dan membuat assist saat Brasil mengalahkan Peru 2-0.

Messi tampil gemilang di depan 21.000 penggemar di stadion Monumental di Buenos Aires saat ia menyamai dan kemudian melampaui legenda Brasil Pele sebagai pencetak gol terbanyak Amerika Selatan di sepak bola internasional. 

Mantan penyerang Barcelona itu memberi tuan rumah keunggulan pada menit ke-14 dengan menggagalkan Luis Haquin dan melepaskan tendangan melengkung dari jarak 25 yard ke sudut kiri atas.

Messi menggandakan golnya tepat setelah satu jam, dua kali bertukar umpan dengan Lautaro Martinez sebelum menggiring bola di sekitar Jairo Quinteros dan melepaskan tembakan tak terbendung melewati kiper Carlos Lampe, Xinhua melaporkan.

Baca juga: Ketika Lionel Messi Merasa Diri Tak Pantas Sabet Pemain Terbaik Dunia, Trofi Ballon dOr 2021, Ini Orang yang Lebih Berhak

Gol ketiga datang dua menit menjelang pertandingan usai ketika bola memantul ke jalurnya setelah Lampe menepis upaya jarak jauh Joaquin Correa. Albiceleste No. 10 sudah siap untuk mengirim upaya pertama kali ke gawang yang tidak dijaga.

Messi kini telah mencetak 79 gol dalam 153 pertandingan untuk Argentina, melampaui rekor Pele dengan 77 gol dalam 92 pertandingan.

“Saya sangat cemas dan saya benar-benar ingin menikmatinya,” kata Messi tentang pembukaan kembali sebagian stadion Argentina setelah 18 bulan larangan virus corona pada penggemar.

Ketika ditanya tentang rekor penilaian, pemain berusia 34 tahun dengan sopan menunjukkan bahwa penghargaan individu adalah "sekunder" baginya. Argentina tetap berada di urutan kedua dalam grup 10 tim Amerika Selatan dengan 18 poin dari delapan kualifikasi sementara Bolivia memiliki enam poin dari sembilan pertandingan. Di kota Recife, Brasil timur laut, Neymar dalam performa bagus saat Brasil mempertahankan rekor kualifikasi sempurna mereka.

Everton Ribeiro mencetak gol untuk pertandingan kedua berturut-turut, mencetak gol pertama kali setelah Neymar merebut bola dari Anderson Santamaria dan memberikan umpan silang yang sempurna dari sisi kiri area penalti.

Gol kedua tuan rumah datang sesaat sebelum turun minum, dengan Ribeiro dan Neymar kembali menjadi pencipta. Tembakan jarak jauh gelandang Flamengo memantul dari Santamaria yang malang dan jatuh di kaki penyerang PSG, yang menyambar di tiang jauh.

Gol Neymar membuatnya melampaui Romario dan Zico sebagai pencetak gol terbanyak Brasil di kualifikasi Piala Dunia dengan 12 gol.

“Saya senang memiliki rekor ini. Ini suatu kehormatan, tetapi hal terpenting hari ini adalah kemenangan," kata Neymar kepada wartawan televisi setelah pertandingan.

Hasil di Pernambuco Arena berarti Brasil sekarang memiliki delapan kemenangan dari kualifikasi sebanyak mereka bergerak ke dalam jarak menyentuh tempat di turnamen pameran sepak bola.

“Ini adalah hasil bagus lainnya dan urutan kemenangan kami terus berlanjut tetapi kami belum lolos secara matematis,” kata gelandang Casemiro. Kami harus terus bekerja keras tetapi kami tahu bahwa kami berada di jalur yang benar."

Sementara Brasil memimpin klasemen zona Amerika Selatan, Peru berada di urutan ketujuh, terpaut lima poin dari tempat kualifikasi.

Dalam kualifikasi lainnya pada hari Kamis, Kolombia mengalahkan Chili 3-1 di Barranquilla, Paraguay mengatasi Venezuela 2-1 di Asuncion dan Uruguay meraih kemenangan kandang 1-0 atas Ekuador. Sementara itu, Neymar telah mengirimkan harapan terbaiknya kepada Pele saat legenda Brasil itu pulih dari operasi untuk mengangkat tumor dari usus besarnya. Pria berusia 80 tahun itu menjalani prosedur di rumah sakit Albert Einstein Sao Paulo pada 4 September dan dokter belum secara terbuka menyatakan kapan dia akan dipulangkan.

Baca juga: Laga PSPS Riau vs Babel United Berakhir, Tim Asykar Bertuah Menang Tipis

"Pele, saya harap Anda segera pulih dan Anda dapat terus mengikuti tim nasional," kata Neymar setelah kemenangan Brasil atas Peru.

Dalam sebuah posting media sosial pada hari Rabu, Pele berterima kasih kepada para penggemar atas dukungan mereka dan mengatakan dia "pulih dengan baik".

Pemenang Piala Dunia tiga kali itu telah berjuang melawan serangkaian masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir dan jarang terlihat di depan umum sejak menjalani operasi penggantian pinggul pada 2012.


Informasi Anda Genggam


Loading...