Prosesi Pemakaman Unik Rakyat Toraja, Pemakaman Diiringi dengan Tarian

Khoirotun Nisa
Senin, 13 September 2021 | 08:49 WIB
Saat prosesi pemakaman R24/nisa Saat prosesi pemakaman

RIAU24.COM - Proses pemakaman adalah saat-saat yang sakral. Di mana harus dilaksanakan dalam keadaan yang serius dengan do'a-do'a yang khusyuk.

Baca juga: Telah Lama Kosong Sejak 2007, Gedung Menara Saidah Disebut Milik Artis Inneke Koesherawati

Akan tetapi berbeda dengan tradisi pada masyarakat Toraja, Sulawesi Selatan. Melalui video di akun TikTok @elbinsalomontoding79, memperlihatkan prosesi pemakaman jenazah yang tak biasa atau yang disebut dengan Rambu Solo

Para warga dan pelayat tampak mengayun-ayunkan peti mati itu ke atas dan ke bawah. Uniknya, pembawa peti yang memakai secara kompak mengenakan pakaian serba hitam dan menggoyang-goyangkan peti di sepanjang jalan. 

Sementara itu, beberapa pelayat lain tampak turut memeriahkan prosesi pemakaman sambil berteriak dan mengelilingi peti jenazah.

Peti jenazah tersebut akan digoyang-goyangkan sebanyak tiga kali sebelum dimasukkan ke dalam miniatur rumah Toraja sebagai tempat peristirahatan terakhir.

Baca juga: Ayah Telah Meninngal dan Ibu Bekerja Mencari Nafkah, Bocah SD Ini Terpaksa Momong Kedua Adiknya ke Sekolah

Dilansir dari situs Kemdikbud, pemakaman Rambu Solo adalah ritual pemakaman yang mewah. Biasanya akan terdiri banyak makanan, di antaranya babi dan kerbau yang dapat dinikmati.


Informasi Anda Genggam


Loading...