Tahu Enggak Ternyata Daerah Ini Biaya Hidup Termurah di Indonesia, Ramah Dengan Kantong Mahasiswa

Riki Ariyanto
Selasa, 14 September 2021 | 15:33 WIB
Tahu Enggak Ternyata Daerah Ini Biaya Hidup Termurah di Indonesia, Ramah Dengan Kantong Mahasiswa (foto/int) R24/riki Tahu Enggak Ternyata Daerah Ini Biaya Hidup Termurah di Indonesia, Ramah Dengan Kantong Mahasiswa (foto/int)

RIAU24.COM - Ternyata di Indonesia ada daerah-daerah yang tercatat dengan biaya hidup murah. Dipercaya mahasiswa pasti betah kuliah di sejumlah kota dengan biaya hidup paling murah.

Dilansir dari instagram @MasukKampus beberapa waktu lalu, berikut daerah di Indonesia dengan biaya hidup termurah, cocok kantong mahasiswa:

Pertama Yogyakarta. Biaya hidup satu bulan di Yogyakarta sekira Rp 1 juta sampai 1,5 juta per bulan. Di Yogyakarta banyak penjual makanan dengan harga di bawah Rp 10 ribu untuk satu porsi dan tentu saja bikin kenyang. Untuk biaya tepat tinggal sekira Rp 300 ribu sampai Rp 700 ribu per bulan.

Baca juga: Mau Buat Camilan Untuk Santai di Rumah? Coba Resep Roti Kroket Goreng Korea

Lalu dikutip Kompas.com, menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Jawa Tengah menempati urutan keempat provinsi yang biaya hidup paling rendah di Indonesia setelah NTT, Sulawesi Barat dan Lampung.

Maka Solo tak berbeda jauh biaya hidupnya dengan Yogyakarta, sekira Rp 1,5 juta per bulan. Harga makanan dan biaya transportasi di kedua kota pun relatif sama. Bahkan Solo juga dikenal ramah ditinggali bagi mahasiswa sebab lingkungan maupun biaya hidup.

Kemudian daerah yang akrab untuk mahasiswa adalah Banyuwangi. Tinggal disini cuma memerlukan biaya hidup sekira Rp 1 juta sampai Rp1,5 juta per bulan, bahkan bisa lebih murah lagi cuma Rp 800 ribu per bulan.

Baca juga: Cara Membuat Lemang Tapai khas Bengkulu

Sehingga Banyuwangi setidaknya layak menyanding predikat kota termurah untuk kalangan mahasiswa yang dompet tipis. 

Kemudian ada Kota Cirebon juga menawarkan biaya hidup yang murah bagi pekerja pemula. Biaya hidup di Cirebon ini selama satu bulan cuma Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta. Biaya hidup itu termasuk sewa kamar, uang makan dan transportasi.

Terakhir ada Bandar Lampung yang biaya makan per bulan cuma sekira Rp 600 ribu hingga Rp 800 ribu. Lalu, biaya kos atau sewa kamar per bulan sekitar Rp 350 ribu atau Rp 4 juta per tahun. Bila ditotal, maka biaya makan, tempat tinggal dan biaya hidup utama berkisar Rp 1,5 juta per bulan.


Informasi Anda Genggam


Loading...