Menlu AS Terang-terangan Tuduh Pakistan Terlibat dengan Kemenangan Taliban: Pakistan Punya Banyak Kepentingan, Salah Satunya Berkonflik dengan Kami

Amerita
Rabu, 15 September 2021 | 13:41 WIB
Antony Blinken R24/ame Antony Blinken

RIAU24.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, terang-terangan menuduh Pakistan terlibat dalam kemenangan Taliban di Afghanistan, Senin (13/9).

Blinken mengatakan bahwa Pakistan terlibat dalam melindungi anggota Taliban, termasuk teroris dari Jaringan Haqqani.

Baca juga: Tencent China Memecat 70 Staf, Memasukkan 13 Perusahaan ke Dalam Daftar Hitam Kampanye Anti-korupsi


“Peran yang telah dimainkan Pakistan selama 20 tahun terakhir adalah peran yang melibatkan masa depan Afghanistan. Itu salah satu yang melibatkan penyembunyian anggota Taliban, termasuk Haqqani,” katanya kepada Komite Urusan Luar Negeri DPR.

Menurut Blinken, Pakistan memiliki beragam kepentingan, beberapa di antara kepentingan itu jelas-jelas bertentangan dengan kepentingan Amerika untuk menstabilkan Afghanistan.

“Pakistan memiliki banyak kepentingan, beberapa di antaranya berkonflik, jelas berkonflik dengan kami (AS),” katanya.

Baca juga: Dihina Seorang Penjual Mobil, Petani Karnataka Kembali Dengan Uang Ratusan Juta Dalam 30 Menit Untuk Membeli Satu SUV


Rumor keterlibatan Pakistan dengan Taliban sudah ada sejak dulu. Pakistan juga dianggap sebagai tempat melarikan diri paling aman bagi kelompok Taliban. Pempimpin senior Taliban juga diperkirakan kabur ke Pakistan saat invasi AS di Afghanistan pada 2001.

Blinken juga membela keputusan Biden untuk menarik pasukan militer AS dari Afghanistan. Menurutnya, jika AS bersikeras untuk tetap menempatkan militer di sana, bukan tak mungkin perang akan mereda dalam perang yang tak berkesudahan.

“Tidak ada bukti bahwa bertahan lebih lama dapat membuat pasukan keamanan atau pemerintah Afghanistan lebih handal atau bisa mempertahankan diri,” katanya.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...