Menlu Belanda Ajukan Pengunduran Diri setelah Akui Tak Becus Tangani Afghanistan: Saya Menerima Konsekuensinya

Amerita
Jumat, 17 September 2021 | 09:28 WIB
Sigrid Kaag R24/ame Sigrid Kaag

RIAU24.COM - Setelah dibanjiri kritik keras atas kegagalannya mengevakuasi warga Belanda yang masih terjebak di Afghanistan, Menteri Luar Negeri Belanda, Sigrid Kaag, memutuskan untuk mengundurkan diri.

Anggota parlemen mendukung mosi kecaman terhadap Kaag dengan 78 suara mendukung dan 72 menentang atas kegagalannya mengevakuasi warga negara Belanda.

Baca juga: Rasis! Belanda Lakukan Penyelidikan Rahasia Terhadap Masjid-masjid, Termasuk Imam dan Jamaah, Rela Habiskan 4 Miliar


Mosi serupa juga dilayangkan pada Menteri Pertahanan Demokrat, Kristen Ak Bijleveld, namun ia memutuskan untuk tetap menjabat.

"Parlemen menilai bahwa Kabinet bertindak tidak bertanggung jawab, jadi saya tidak bisa melakukan apa pun selain menerima konsekuensinya," kata Kaag.

Pengunduran diri Kaag menyusul diturunkannya Menlu Inggris, Dominic Raab, dari jabatannya setelah diberhentikan oleh Perdana Menteri Boris Johnson karena tak bisa menangani situasi di Afghanistan.

Baca juga: Pemerintah Junta Myanmar Merasa Terhina, Usut Punya Usut Ternyata Ini Penyebabnya


"Meskipun saya mendukung komitmen kami, saya hanya dapat menerima konsekuensi dari penilaian ini sebagai menteri dengan tanggung jawab tertinggi," kata Kaag.

"Dalam pandangan saya tentang demokrasi dan budaya pemerintahan kita, seorang menteri harus pergi jika kebijakan itu tidak disetujui. Oleh karena itu, saya akan menyerahkan pengunduran diri saya sebagai menteri luar negeri kepada Yang Mulia Raja," tambahnya.

   


Informasi Anda Genggam


Loading...