Australia Tanggapi Kemarahan Prancis, Sebut Kapal Selam Nuklir AS Lebih Baik Untuk Keamanan Nasional

M. Iqbal
Jumat, 17 September 2021 | 09:35 WIB
Ilustrasi/net R24/ibl Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Menanggapi pemerintah Prancis marah telah membatalkan kesepakatan besar untuk kapal selam, Menteri Pertahanan Australia, Peter Dutton menyebutkan jika kapal selam nuklir yang didukung Amerika Serikat merupakan pilihan yang lebih baik.

"Pada akhirnya keputusan yang kami buat didasarkan pada kepentingan terbaik keamanan nasional kami," kata Dutton dalam konferensi pers bersama di Washington, AS dilansir Detik.com dari AFP, Jumat, 17 September 2021.

Baca juga: Pembunuhan Versace, Pemilik Brand Terkenal Dunia yang Dibunuh Pada Pagi Bolong

Pemerintah Prancis telah melontarkan kemarahannya setelah Australia membatalkan paket bernilai miliaran dolar untuk kapal selam konvensional Prancis, saat mengumumkan aliansi baru dengan Amerika Serikat dan Inggris.

Dutton mengatakan penting untuk melihat fakta bahwa kapal selam diesel konvensional hanya akan bisa memberi keunggulan bagi negara tersebut hingga memasuki tahun 2040-an saja.

Baca juga: Walau Mirip Seperti 'Pengemis', Ke-10 Negara yang Ditemui Taliban Ini Kompak Tak Akui Wujud Mereka di Afghanistan

"Karena itulah kami membutuhkan kapal selam bertenaga nuklir," ucap Dutton.

"Jadi kami melihat opsi apa yang tersedia bagi kami. Prancis memiliki versi yang tidak lebih unggul dari yang dioperasikan oleh Amerika Serikat dan Inggris," ucapnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...